Sukses

Rayakan Referendum, Puluhan Ribu Warga Catalan Lakukan Long March

Liputan6.com, Jakarta Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @infia_fact, terlihat puluhan ribu orang berkumpul di sebuah tempat sambil bernyanyi dan membawa atribut bendera yang didominasi warna kuning, merah, dan biru.

Belakangan diketahui, puluhan ribu orang yang berkumpul tersebut adalah masyarakat Catalan yang diduga berkumpul di pusat kota untuk melakukan long march. Aksi long march dilakukan oleh puluhan ribu warga Catalan untuk menyambut referendum yang akan dilaksanakan pada 1 Oktober mendatang.

Mereka juga terlihat membawa bendera bercorak kuning, merah, biru, dan sebuah bintang. Bendera itu disebut dengan Esteladas, yaitu bendera yang mewakilkan dukungan kepada Catalan untuk berdiri secara independen.

Meskipun Catalan akan melakukan referendum pada awal Oktober mendatang, dikabarkan pihak Madrid menegaskan bahwa referendum itu ilegal. Mahkamah Konstitusi Spanyol telah menghentikan pemungutan suara yang akan dilakukan sambil menunggu keputusan resmi oleh hakimnya.

Pihak berwenang juga telah diberi perintah untuk menghentikan pemungutan suara, dan siapa pun yang membantu mengatur referendum harus bertanggung jawab di depan hukum.

Penulis: 

Christanto

Saksikan video menarik berikut ini: