Sukses

Ingin Harimu Sempurna, Lakukan 5 Ritual Ini di Waktu Pagi

Liputan6.com, Jakarta - Rutinitas pagi hari yang menyenangkan biasanya akan membawamu pada kegiatan yang positif. Namun ada kegiatan yang sangat efektif dilakukan, tapi jarang dilakukan untuk aktivitas pagimu.

1. Memijat Telinga


Memijat telinga dapat membuatmu bangun sepenuhnya dan bebas dari rasa kantuk. Lakukan ini saat kamu masih berada di atas tempat tidur. Melakukan pijatan di telinga dapat menerapkan rangsangan ke bagian sensitif di telinga dan bisa memberi efek positif berenergi dan senang pada dirimu.

2. Meminum Air Lemon Hangat

Biasanya seseorang akan meminum kopi di pagi hari. Namun sebaiknya mulailah dengan meminum segelas air hangat. Hal ini akan mempebaiki sistem kerja pada pencernaan dan juga ginjal. Dan akan lebih baiknya jika kamu meminum segelas air lemon hangat.

Tak perlu satu buah lemon untuk satu gelas, cukup setengahnya saja. Hal ini dapat membantu menghilangkan racun pada tubuh kamu, dan juga memperkuat kekebalan tubuh. Bila kamu ingin meminumnya, sebaiknya minum 20 sampai 30 menit sebelum sarapan.

1 dari 3 halaman

3. Membersihkan Lidah

Kita pasti tahu bahwa sangat penting untuk membersihkan gigi dua kali sehari. Namun sebaiknya kamu bukan hanya membersihkan gigi, tapi juga lidah. Karena pada lidah dipercaya menumpuk sejumlah bakteri yang bisa membuatmu bau mulut.

Selain bakteri yang menumpuk dapat menyebabkan bau mulut, tidak membersihkan lidah juga dapat menyebabkan plak gigi, kerusakan gigi, serta memberi masalah pada gusi. Kamu bisa membersihkan lidah dengan menggunakan sikat gigi, tapi jangan terlalu keras agar tidak merusak permukaan lidah.

4. Sesendok Madu di Pagi Hari

Madu sangat baik bagi tubuh, karena madu dapat memberikan kamu energi serta merangsang ingatan, produktivitas kamu, menyembuhkan batuk, dan juga mengurangi gejala alergi. Untuk memulai hari, ada baiknya kamu memakan satu sendok teh madu.

Dan bila kamu mengonsumsi madu, sebaiknya dilakukan 10 hingga 15 menit sebelum sarapan. Dan bila menurutmu madu tersebut terlalu manis, kamu bisa mencampurkannya pada segelas air hangat. Tentu saja hal tersebut tak akan mengurangi efek dari madu tersebut.

2 dari 3 halaman

5. Berkumur dengan Larutan Hidrogen Peroksida

Kamu bisa menyelesaikan rutinitas pagi hari dengan mencuci mulut. Mencuci mulut dengan larutan hidrogen peroksida tidak berbahaya asalkan sesuai aturan yang ada. Beri 5-7 tetes larutan untuk 50 ml air. Hal ini bisa membantu untuk memutihkan gigi kamu, menghilangkan bau mulut serta menyembuhakan dan melindungi gusi kamu.

Penulis: 

Novita Ayuningtyas

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
5 Ciri yang Dilakukan oleh Orang 'Gagal' Selama Akhir Pekan
Artikel Selanjutnya
Bukan Main Smartphone, 5 Kebiasaan Tidur Ini Buat Cepat Sukses