Sukses

Pecahkan Rekor, Bunga Bangkai Tertinggi di Dunia dari Kampar

Liputan6.com, Jakarta Hutan Indonesia memang penuh keajaiban. Sebut saja, Keberagaman flora-faunanya yang tersebar di seluruh kawasan. Bahkan beberapa jenis flora-fauna itu hanya bisa ditemukan di Indonesia atau endemik. Seperti berbagai jenis bunga bangkai yang banyak ditemukan di hutan pulau Sumatera.

Salah satunya bahkan berukuran raksasa dengan tinggi hampir 4 meter. Bunga raksasa itu ditemukan mekar di Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau. Bahkan penemuan petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau itu diklaim sebagai yang tertinggi di dunia karena mencapai 3,97 meter‎.

Selain itu, petugas juga menemukan dua bunga bangkai lain berukuran 3,3 meter dan 2 meter.

Humas BKSD Riau Dian Indriarti menyebutkan, dua bunga ditemukan petugas BBKSDA yang menggelar survei di kawasan Bukit Bungkuk. Tepatnya di pinggir Sungai Singalan Kiri, pada 13 September 2017.

Di lokasi itu ditemukan dua bunga bangkai dengan tinggi berbeda dan masih kuncup.

Dua hari kemudian, bunga bangkai tersebut mekar. Mekarnya bunga bangkai yang terbilang peristiwa langka ini disaksikan petugas bersama sejumlah tokoh masyarakat Kampar, Riau.

Setelah peristiwa itu, butuh waktu berpuluh-puluh tahun untuk melihat bunga bangkai ini muncul dan mekar kembali. Karena itu, BBKSDA mengimbau masyarakat tetap menjaga kelestarian lingkungan hutan tersebut.

"Dulu juga pernah ada dua bunga serupa yang mekar di sana. Dan dari berbagai literatur yang ada, salah satu bunga bangkai yang ditemukan kali ini merupakan paling tinggi di dunia," Dian menjelaskan.

Penulis:

M Syukur

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan video menarik di bawah ini: