Sukses

7 Tips Liburan Hemat ke Padang Hanya Bermodal Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Kota Padang diapit Samudera Hindia dan perbukitan hijau. Sebagian besar daratannya berupa hutan lindung. Sementara perkotaan hanya 40% dari seluruh wilayah. Kondisi alam tersebut membawa keberuntungan bagi tanah Malin Kundang ini. Semua tempat memiliki panorama menakjubkan.

Nah, bagi kamu yang membutuhkan tempat liburan asyik, Padang lah tujuannya. Bahkan, dengan bujet terbatas, kota ranah Minang ini bisa dikunjungi. Bagaimana caranya? Berikut tips-tipsnya.

1. Cari Tiket Promo

Kendaraan tercepat ke Padang adalah pesawat. Untuk menghemat biaya, kamu harus mencari tiket promo. Kamu bisa mencarinya lewat aplikasi di smartphone. Biasanya harganya lebih murah daripada yang reguler.

Beberapa maskapai penerbangannya, antara lain Lion Air, Citilink, Sriwijaya Air, Batik Air, dan Garuda Indonesia. Lama perjalanan kurang lebih 1,5 jam.

 

 

1 dari 3 halaman

2. Bermalam di Hotel Bujet

Mencari penginapan murah di Padang. Kamu bisa bermalam di hotel bintang 1, guest house, atau akomodasi khusus backpacker. Biasanya, tempat menginap yang ramah kantong berdekatan dengan kawasan rekreasi. Mungkin terdapat di sekitar pantai, pegunungan, dan area kampus.

Sekarang, banyak hotel murah di Padang dengan fasilitas dan layanan mumpuni. Mulai dari kamar tidur yang nyaman, kamar mandi pribadi, AC, WiFi, TV, serta kolam renang. Supaya tenang, kamu bisa booking di awal melalui aplikasi Airy Rooms atau situs website-nya. Prosesnya cepat disertai kemudahan cara membayar. 

3. Membawa Beberapa Orang Teman

Melakukan perjalanan wisata sendirian memang lebih menyenangkan. Namun, biaya yang dikeluarkan pasti tidak sedikit. Kalau ingin hemat, bawalah beberapa orang teman atau keluarga. Ongkos selama di Padang bisa ditanggung bersama. Kamu pun bisa berkunjung ke tempat wisata mana pun dengan bujet ringan.

4. Naik Kereta dan Mobil Travel

Padang merupakan salah satu daerah yang menyediakan kereta dari bandara ke pusat kota. Kamu bisa memanfaatkan transportasi ini karena tarifnya lebih murah dibandingkan naik taksi. Untuk keliling tempat wisata, menyewa mobil merupakan pilihan terbaik. Selain terjangkau, beberapa kawasan dapat disambangi tanpa harus memberikan biaya tambahan.

2 dari 3 halaman

5. Pandai Menawar

Kota Padang tidak hanya menawarkan tempat wisata alam. Kamu pun disuguhi kawasan kuliner dan belanja. Biasanya, banyak barang-barang unik yang menarik untuk dibeli. Supaya memperoleh harga murah, tanyakan harganya terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan penawaran dalam batas wajar. Namun, jangan terlalu rendah atau tinggi.

6. Kunjungi Beberapa Tempat Wisata yang Berdekatan

Untuk menghemat biaya perjalanan, sebaiknya kunjungi tempat wisata satu arah. Sebagai contoh, kamu ingin menyambangi Pantai Air Manis. Berarti kawasan rekreasi lain yang paling dekat adalah Pantai Carolina dan Museum Adityawarman. Untuk mempermudah, gunakan aplikasi Google Maps.

7. Hindari Makan di Restoran

Kuliner Padang terkenal enak dan lezat. Karena itu, banyak kafe dan restoran berdiri di tanah Minang tersebut. Soal rasa memang tidak diragukan lagi. Namun, tidak berarti harus makan di area eksklusif ini. Kamu bisa bersantap di warung kaki lima atau kios-kios di pinggir jalan. Misalnya, dengan menyantap kudapan soto garuda di Jalan Letjen S.Parman.

Itulah tujuh tips yang bisa diterapkan kalau ingin liburan hemat ke Padang. Melewatkan keindahan kota ini dalam waktu 24 jam rasanya tidak cukup. Pasti masih banyak tempat-tempat menarik yang belum dikunjungi. Karena itulah, kamu harus bermalam di sana.

Sumber: https://jalantikus.com/news/19063/tips-liburan-hemat-di-padang/

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Mau Liburan Tapi Tak Punya Uang? Ini 5 Trik Atasinya
Artikel Selanjutnya
5 Trik agar Bisa Makan Hemat di Restoran