Sukses

Unik, Cara Baru Bertani dengan Air Daur Ulang di Halaman Rumah

Liputan6.com, Jakarta Sudah kita ketahui, Nigeria memiliki banyak sekali permasalahan. Terlebih dalam hal akses jalan masuknya penyaluran produk, khususnya barang pangan ke pasar.

Perlu kita ketahui juga, Nigeria memiliki beberapa kota paling maju di Afrika dengan keterbatasan tanah untuk bertani. Salah seorang wanita muda berusia 33 tahun bernama Angel Adelaja yang juga seorang pengusaha memiliki keinginan mengubah Nigeria supaya menjadi lebih maju dengan kemampuan yang ia punya.

Tekonolgi Hidroponik

Dengan kemampuan yang ia punya, ia menemukan solusi terbaik untuk Nigeria yakni dengan cara bertani menggunakan teknologi hidroponik. Ya, bisa dibilang menanam tanaman dengan teknik tersebut tepat untuk kondisi di Nigeria.

Angel memilih teknologi hidroponik karena cara ini satu-satunya yang ramah lingkungan dan cukup efisien. Menariknya, ia hanya menggunakan sedikit air dengan cara mendaur ulang air tersebut. Caranya pun sangat sederhana yaitu air yang masuk ke dalam tanaman akan diserap tanaman menjadi makanan untuk tumbuhan itu sendiri.

Setelah itu dengan sendirinya air yang tersisa akan kembali ke dalam tangki penyimpanan air. Ini terjadi secara terus menerus menjadikan sistem berkesinambungan.

Angel mengaku menemukan ide seperti itu saat ia mulai bertani pada tiga tahun yang lalu. Wak tu itu, akses penyaluran sulit masuk ke dalam pasar. Ia juga melakukannya di Abuja. Saat ini Angel memiliki program The Urban Farmes Network di mana dia mengumpulkan beberapa orang untuk mengembangkan teknologi hidroponik ini.

Nuraida S Mizanto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Artikel Selanjutnya
Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos
Artikel Selanjutnya
Sambut Pagi Penuh Cinta dengan Anyaman Jerami di Sawah