Sukses

6 Misteri Dunia yang Bikin Takjub, Ini Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Fakta sejarah di dunia ini memang meninggalkan banyak misteri yang belum terungkap. Dengan adanya ilmuwan dan teknologi terbaru, sedikit demi sedikit sejarah misteri di dunia mampu dipecahkan. Fakta yang terungkap bahkan tak pernah terpikirkan kita sekali pun karena begitu dahsyatnya fakta sejarah yang ditemukan oleh para Ilmuwan.

Penasaran misteri apa saja yang ada di dunia ini? Berikut fakta menakjubkan tentang peninggalan sejarah.

1. Peradaban Nazca yang Hilang

Warga Nazca sontak menjadi dikenal dunia karena gambaran yang dibuat di permukaan Gurun Peru yang menjadi alat komunikasi orang Nazca asli dengan para dewa. Ilmuwan menentukan bahwa teori asal-usul alien mereka ini merupakan geoglyph berupa garis-garis yang dipercayai mampu mendekatkan dengan para dewa. Hilangnya peradaban mereka masih misterius hingga saat ini. Peneliti Universitas Cambridge membuktikan bahwa ia dikalahkan oleh kekeringan akibat deforestasi.

2. Misteri Bawah Tanah Pulau Paskah

Thor Heyerdahl menjadi orang pertama yang melakukan penggalian di lokasi tersebut. Dia yakin bahwa kepala Moai benar-benar memiliki tubuh, beberapa di antaranya pun mencapai ketinggian 20 kaki. Namun, penemuan terbesarnya adalah eksperimennya yang membuktikan bahwa patung-patung itu benar-benar bisa dibuat dengan alat yang diyakini populer di kalangan manusia pada masa itu.

3. Kuburan Paus di Chile

Pemakaman paus besar ditemukan di tengah Gurun Atacama. Para Ilmuwan saat ini juga masih belum bisa memastikan apa penyebab pasti yang menyebabkan bunuh diri massal paus ini.

 

 

1 dari 2 halaman

4. Catatan Misterius

Sebuah salinan berusia 500 tahun dari Homer's Odyssey menampilkan catatan tulisan tangan aneh dalam bahasa yang tidak diketahui. Penggemar Italia Daniele Metilli dan Giulia Accetta menetapkan bahwa catatan tersebut adalah jenis stenografi khas yang ditemukan oleh Jean Coulon de Thévénot. Hanya kemajuan teknologi terkini dan akses data penuh yang memungkinkan penemuan itu terjadi.

5. Lubang Hitam di Florida

Arkeolog mengetahui tentang lubang pembuangan di Sungai Aucilla selama bertahun-tahun. Lubang yang begitu gelap dan tidak pernah ada penyelaman di sana sampai Jessi Halligan, seorang profesor di Florida State University memutuskan untuk melakukan penelitian.

Ekspedisi menyelamnya menemukan mastodon gading yang memiliki alur panjang yang ditinggalkan manusia. Penemuan tersebut sangat mengejutkan, ternyata pernah ada manusia yang menghuni wilayah Florida jauh lebih awal dari yang diperkirakan semula, yang berusia 14.500 tahun.

6. Dijuluki sebagai Komputer pertama di Yunani

Mekanisme Antikythera ditemukan di sebuah kapal yang tenggelam pada sekitar 80-50 SM. Kasus kayu membusuk dan bagian logam berkarat. Benda tersebut dijuluki sebagi kumputer pertama di Dunia. Para ilmuwan baru-baru ini berhasil menemukan tujuannya yaitu adalah perangkat navigasi. Sungguh menakjubkan bahwa mesin canggih semacam itu bisa saja ada pada saat itu.

(Nd/Ul)

Penulis:

Nuraida S Mizanto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Top 3: Tantangan Internet Berujung Maut, Hari Patah Hati Nasional
Artikel Selanjutnya
Naga bak Film Game of Thrones Ini Ternyata Karya Pengrajin Kayu