Sukses

Yoga Pratama, Pejuang Cahaya untuk Suku Punan

Liputan6.com, Jakarta - Banyak anak muda yang memiliki ide cemerlang untuk berbakti kepada negeri. Namun, hanya segelintir yang melangkah dan berani untuk melakukannya. Yoga Pratama adalah salah satunya. Pekerja di Pertamina RU V tersebut bersama rekan-rekannya menginisiasi sebuah proyek sosial, yaitu “Cahaya untuk Punan".

Berdasarkan data dari Kementerian ESDM, Desa Semeriot di Kalimantan Utara adalah satu dari 2.519 desa di Indonesia yang belum mendapatkan akses penerangan. Desa yang dihuni oleh suku Dayak Punan itu sempat mendapatkan generator listrik berbahan bakar solar dari pemerintah dan perusahaan setempat.

Akan tetapi, butuh 8-10 jam menggunakan kapal dan harus melawan arus sungai untuk mendapatkan solar dari kecamatan terdekat. Kapal yang digunakan pun setidaknya membutuhkan 20 liter solar untuk sekali perjalanan. Bagi masyarakat setempat, hal tersebut membutuhkan biaya yang sangat mahal. Akhirnya, keberadaan generator listrik bukan menjadi solusi yang tepat untuk permasalahan energi di Desa Semeriot.

Mengetahui kondisi tersebut, Yoga bersama koleganya melakukan penggalangan dana ke beberapa donatur dan perusahaan yang berbasis di Kalimantan. Bahkan, mereka juga mencoba mengumpulkan dana dari orang baik di seluruh Indonesia melalui platform crowdfunding kitabisa.com. Dana yang telah terkumpul digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi terbarukan Desa Semeriot, yaitu panel surya dan lampu tenaga matahari.

Yoga bersama koleganya melakukan penggalangan dana ke beberapa donatur dan perusahaan yang berbasis di Kalimantan. Bahkan, mereka juga mencoba mengumpulkan dana

Sambil menyelam minum air, pemuda yang berkuliah di STT Migas Balikpapan itu juga mengadakan program belajar mengajar kepada anak-anak di Desa Semeriot. Semangat membara untuk mengenyam pendidikan mereka tunjukkan dengan hadir satu jam lebih awal dari agenda yang telah dijadwalkan.

Yoga berharap dengan adanya proyek Cahaya untuk Punan dapat membantu memberikan solusi permasalahan energi di daerah terpencil dan menyuarakan persamaan hak akan energi dengan memanfaatkan energi terbarukan tenaga matahari. Ia juga ingin menginspirasi anak muda untuk selalu berbuat kebaikan. Sebab, di setiap kebaikan akan lahir teladan, dan di setiap teladan akan merekatkan persatuan.

Penulis:

Nanda Azhari Arsyad - Universitas Balikpapan

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.