Sukses

Pertama di Dunia, Robot Lakukan Operasi Tanpa Bantuan Manusia

Liputan6.com, Jakarta - Robot di Tiongkok menjadi pembicaraan setelah berhasil menyelesaikan operasi implan gigi pertama tanpa intervensi manusia. Prosedur itu sendiri dilakukan di Xi'an, Provinsi Shaanxi.

Dalam operasi yang berlangsung selama satu jam itu, robot menempatkan dua gigi baru ke dalam gusi seorang wanita, menyesuaikannya dengan selisih kesalahan 0,89-0,3 milimeter. Gigi itu sendiri diciptakan lewat teknik pencetakan 3D.

Melansir dari Nextshark, teknologi inti robot itu terdiri dari perencanaan implan oral, navigasi bedah, dan fungsi kontrol otonom. Robot yang dikembangkan oleh Rumah Sakit Stomatologi Universitas Kedokteran Militer Keempat di Xi'an dan Universitas Beihang di Beijing itu diciptakan untuk menangani kekurangan dokter gigi spesialis di Tiongkok.
Sekitar 400 juta pasien diklaim membutuhkan gigi baru. Mesin juga berupaya mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh dokter gigi manusia.

Dalam sebuah wawancara dengan harian ilmu pengetahuan dan teknologi setempat, spesialis rehabilitasi mulut, Dr Zhao Yimin, menekankan bahwa robot itu otonom yang berarti mampu menghindari faktor subjektif yang sering menimbulkan kesalahan. Untuk prosedur tersebut, dokter gigi memprogram robot untuk bergerak dengan benar dan menempatkan implan pada pasien dengan bius lokal. Yang menarik, robot itu juga bisa menyesuaikan diri dengan gerakan pasien.

(Sul/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Drone Pemasok Obat Terbesar di Dunia Siap Beroperasi di Tanzania
Artikel Selanjutnya
Pekerjaan Anak Cucu Kita Akan Dicuri Robot?