Sukses

Tiap 30 Tahun, Tebing Misterius Hasilkan Telur Batu di Desa Ini

Salah satu tebing di sudut desa terpencil di Tiongkok, secara misterius menghasilkan batu berbentuk telur tiap 30 tahun sekali.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu tebing di sudut desa terpencil di Tiongkok secara misterius menghasilkan batu berbentuk telur tiap 30 tahun sekali. Telur yang dihasilkan berukuran 20-40 sentimeter. Menurut penduduk setempat, ada telur batu lainnya di dekatnya.

Tebing itu terletak di Qiannan Buyei, Provinsi Guizhou. Desa terdekat dari tebing itu hanya terdapat 20 rumah. Sejauh ini, telah terkumpul sekitar 68 batuan aneh berbentuk telur.

Dilansir dari Culture.dwnews, para ilmuwan mencoba mencari tahu apa penyebab fenomena misterius tersebut. Meski belum menghasilkan kesepakatan yang bulat, para peneliti berhipotesis penyebab utamanya adalah erosi dan kekerasan batu yang berbeda di tebing itu.

Tebing itu terbuat dari jenis batuan kapur yang umum terbentuk sekitar 500 juta tahun lalu pada periode Kambria. Telur batu itu diyakini terbuat dari endapan sedimen yang lebih keras dan berat.

Ini berarti bahwa tebing cenderung mengikis lebih cepat pada bagian telur selama curah hujan berkepanjangan atau bila terjadi tanah longsor. Batu menjadi berbentuk telur kemungkinan karena air mengalir di sekitarnya. Namun tidak jelas bagaimana atau mengapa banyak telur lebih kecil yang tertanam di bebatuan itu.

(Sul/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.