Sukses

Gulat Gurita, Olahraga Unik yang Kini Terlupakan

Liputan6.com, Jakarta - Pada suatu hari di Bulan April 1963, sekitar lima ribu penonton akan berkumpul di pinggir Puget Sound dekat dengan Tacoma Narrows, Washington DC. Mereka berkumpul untuk menyaksikan sebuah pergulatan tak biasa, yaitu kejuaraan Gulat Gurita Dunia.

Aturan dari kejuaraan ini sangat sederhana, satu tim yang terdiri dari tiga penyelam akan turun ke perairan sedalam 10 hingga 15 meter dengan mencoba melakukan yang terbaik untuk mendapatkan gurita dan membawanya ke permukaan.

Siapapun yang dapat menarik gurita terbesar keluar dari permukaan air akan mendapatkan piala kejuaraan tersebut. Sebanyak 25 gurita raksasa di Pasifik berhasil ditangkap pada hari itu dengan berat terberat mencapai 30 kilogram.

Olahraga yang cukup aneh ini bermula pada akhir tahun 1940-an. Dalam sebuah artikel yang berjudul "Gulat Gurita adalah Hobi Saya" yang diterbitkan oleh Mechhanix Illustrated edisi April 1949 dengan penulis Wilmon Menard menceritakan sebuah perjalanan ke Tahiti. Dimana ia menemani dan membantu para pemburu pribumi untuk memburu seekor gurita raksasa. Artikel tersebut dianggap sebagai artikel olahraga pertama terkait dengan Gulat Gurita.

Dalam kejuaraan versi Amerika terdapat dua kategori. Dimana satunya kamu bisa menyelam menggunakan peralatan selam dan yang lainnya tidak. Dan kamu bisa mendapatkan lebih banyak poin setiap setengah kilogram gurita yang berhasil diangkat.

Namun, minat dalam perebutan gurita mulai padam pada tahun 60-an. Kompetisi ini pun semakin jarang diminati dan tak populer. Pada tahun 1976, negara bagian Washington memberikan peringatan terkait dengan undang-undang bagi yang menangkap gurita secara ilegal.

Penulis:

Novita Ayuningtyas

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
5 Idola K-Pop Ini Punya Hobi Unik
Artikel Selanjutnya
Naga bak Film Game of Thrones Ini Ternyata Karya Pengrajin Kayu