Sukses

Peduli Lingkungan, Pria Ini Ubah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar

Liputan6.com, Jakarta - Ternyata masih banyak yang peduli dan mau melakukan perubahan dengan cara inovatif untuk memberikan solusi bagi permasalah sampah, khususnya di Jakarta. Salah satunya Hamidi. Ia tergerak melakukan sebuah eksperimen agar sampah dapat diubah menjadi sesuatu yang dapat bermanfaat.

Bermodal pengetahuan dari internet dan terus melakukan percobaan dengan cara autodidak, akhirnya eksperimen yang ia lakukan mendapatkan sebuah hasil. Sampah yang berbahan plastik dapat ia ubah menjadi bahan bakar. Dalam prosesnya, uap dari pembakaran sampah itu diubah melalui proses sedemikian rupa hingga menjadi minyak yang dapat diatur lagi menjadi tiga jenis minyak, yakni minyak tanah, bensin, dan solar.

Setelah menekuni pengolahan sampah ini, Hamidi memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya di hotel. Kini ia bekerja sebagai pekerja lepas Pemerintah Kota Tangerang, di bawah Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman (DKPP).

Penulis:

Karen
Universitas Pancasila 

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Terobosan Keren, Sampah Plastik di Laut Jadi Kaus Kaki
Artikel Selanjutnya
Tingkatkan Tabungan DP Rumah, Kurangi Daftar Belanjaan