Sukses

SMART With Islam Balikpapan, Inspirator Hijrah Remaja Muslimah

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara tentang anak muda maka tidak lepas dari aktivitas kumpul-kumpul untuk membentuk komunitas diantara mereka. Kesamaan tujuan menjadikan anak muda atau dalam hal ini remaja sangat mudah untuk bergabung di dalam sebuah komunitas. Seperti halnya remaja yang menyukai motor akan berkumpul dengan komunitas anak motor, begitupula yang menyukai bola, akan bergabung dengan komunitas pecinta sepak bola.

Tidak dipungkiri di kota yang bertajuk Madinatul Iman ini meniscayakan remaja memiliki keinginan besar untuk menjadi remaja beriman dan bertaqwa. Remaja yang memang memiliki keinginan untuk hijrah agar memiliki kepribadian lebih baik, lebih religius akan mencari komunitas sesuai minatnya.

Komunitas bernama SMART with Islam Balikpapan merupakan salah satu dari wadah hijrah remaja muslimah. Komunitas yang isinya mulai dari anak SMP hingga SMA ini telah memiliki anggota sekitar 50 remaja muslimah Balikpapan.

SMART yang menjadi nama komunitas ini sebenarnya kependekan dari Syakhsiyah islam (kepribadian Islam), Multitalenta, Aktif, Religius dan Empati. Besar harapan para anggota di komunitas ini mampu memiliki kepribadian tersebut serta mengajak remaja lain untuk hal yang sama.

Disinilah tempat remaja belajar islam baik dari segi aqidah, akhlaq, ibadah hingga mu'amalah, tentunya dengan proses pembinaan oleh beberapa kakak mentor. Mereka memberikan waktu satu kali dalam sepekan untuk menimbal ilmu demi terus memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Komunitas yang digawangi oleh Rahma salah satu siswi Sekolah Menengah Atas Balikpapan memang memiliki beberapa kegiatan. Mulai dari diskusi, talkshow, outbond, training, aksi damai hingga kegiatan di Car Free Day.

Klinik Remaja di car free day lapangan Merdeka Balikpapan merupakan salah satu agenda yang menyorot masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan sebulan sekali ini telah menggugah penasaran remaja khususnya untuk mampir untuk sekedar curhat hingga bertanya seputar Islam. Di Kegiatan ini pula para aktivis SMART with Islam menyebarkan buletin untuk dibaca para remaja yang ikut meramaikan car free day pada hari itu.

Komunitas ini juga menggali potensi remaja yang tergabung di dalamnya. Mereka yang memiliki bakat puisi akan ditempa menjadi pembaca puisi Islami yang baik, begitupula bagi yang berminat di bidang nasyid, fotografi hingga menulis.

SMART yang menjadi nama komunitas ini sebenarnya kependekan dari Syakhsiyah islam (kepribadian islam), Multitalenta, Aktif, Religius dan Empati.

Walau komunitas kecil, tetap aktivitas yang dilakukan patut diapresiasi. Di saat remaja banyak yang terjerat dalam belenggu Narkoba, Pergaulan Bebas, hingga mengidap HIV AIDS justru komunitas ini hadir untuk menyadarkan mereka ke arah positif tentunya kepada Islam. Hanifah, siswi di Sekolah Menengah Atas sekaligus aktivis di komunitas ini pun menyadari bahwa dia telah mengalami banyak perubahan selama gabung di komunitas ini.

"Sebelum bertemu komunitas ini, saya dulu remaja yang bebas. Tidak menutup aurat, suka ngomong kasar dan suka pacaran. Namun, semenjak kenal komunitas ini jadi paham tujuan hidup yang benar apalagi bagi saya yang masih mencari jati diri," kata Hanifah.

Untuk remaja muslimah di kota Balikpapan yang ingin hijrah menjadi baik, maka sudah saatnya untuk mencari komunitas remaja yang tepat. SMART with Islam merupakan pilihan untuk mencari sahabat-sahabat yang senantiasa berusaha menjadi baik, pengobar kebaikan serta pionir perubahan.

Penulis:

Fani Ratu Rahmani - Universitas Balikpapan

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Artikel Selanjutnya
HEADLINE: Marshal, Putra Minahasa Pencipta Lagu Legendaris Dunia
Artikel Selanjutnya
Dituduh Korupsi, Wali Kota Tegal Dulu Juara Kontes Kecantikan