Sukses

Alba, Orangutan Albino Super Langka Berhasil Diselamatkan

Alba satu-satunya orangutan albino didunia berhasil diselamatkan, namun dengan kondisi yang memprihatinkan

Liputan6.com, Jakarta - Penggundulan hutan, perubahan iklim serta perburuan liar membuat jumlah orangutan yang hidup di alam liar menurun pada tingkat yang sangat mengkhawatirkan. Namun, ada satu orangutan yang berhasil melewati permasalahan tersebut dan memberikan harapan terhadap kita. Alba merupakan orangutan albino satu-satunya yang diketahui di dunia.

Orangutan berumur lima tahun itu berhasil diselamatkan di salah satu desa di Indonesia oleh Borneo Orangutan Survival Foundation (BOS). Sebelumnya Alba ditangkap secara ilegal dan disimpan dalam kandang tanpa perawatan yang baik selama beberapa hari sebelum tim penyelamat menemukannya.

Para peneliti percaya bahwa Alba menjadi yatim piatu di usia muda dan tertangkap tak lama kemudian ditangkap para pemburu. Ketika ditemukan, Alba menderita infeksi parasit, dehidrasi dan berat badan rendah. Namun, dia masih menampilkan perilaku liarnya yang berarti dia bisa dilepaskan di alam liar setelah mendapat perawatan.

Ketika ditemukan, Alba cukup waspada terhadap para regu penyelamat. Kondisinya cukup memprihatinkan, ia memiliki masalah kesehatan seperti penglihatan dan pendengaran yang buruk. Alba juga memiliki potensi terkena kanker kulit yang cukup tinggi.

"Untuk memastikan bahwa Alba dapat menjalani kehidupan yang bebas dan memuaskan, kami menjadikan hutan sebagai rumahnya, dimana dia dapat hidup bebas di habitat alami. Namun terlindungi dari ancaman yang ditimbulkan oleh manusia," kata perwakilan Yayasan Penyelamat Orangutan seperti dilansir dari Odditycentral.

Penyelamatan Alba ini menjadi suatu yang penting bagi para konservasionis dan sebuah kesempatan untuk mempelajari kera yang sangat langka ini di habitat yang dekat dengan alam.

Alba hanya satu-satunya orangutan albino di dunia. Dan kamu bisa membagun rumah yang aman dan tepat bagi Alba serta orangutan lainnya di Borneo Orangutan Survival Foundation. Hal ini tentu saja dapat kita jadikan untuk meningkatkan kesadaran serta nasib akan spesies ini yang sudah terancam punah.

Penulis:

Novita Ayuningtyas

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.