Sukses

Ini Alasan Pusar Terasa Geli Bila Disentuh

Liputan6.com, Jakarta - Pernah bertanya-tanya mengapa menyentuh atau menusuk pusar membuat Anda ingin buang air kecil? Ternyata ada alasan yang sangat bagus di balik sensasi tersebut.

Meski terasa nyaman dan membuat Anda merinding, sebaiknya Anda tidak terlalu sering melakukannya. Seorang dokter terkenal di Amerika Serikat telah mengungkapkan mengapa fenomena itu terjadi.

Menurut Christopher Hollingsworth dari NYC Surgical Associates, rasa geli tersebut muncul dari balik lapisan rongga dalam perut Anda. Di sana, terdapat serabut saraf sensoris peritoneum parietal Anda.

Serabut saraf tersebut bila disentuh akan menyampaikan informasi ke tulang belakang di daerah yang sama persis dengan area di kandung kemih dan uretra Anda. Otak kemudian menafsirkan hal tersebut sebagai ketidaknyamanan di kandung kemih dan menerjemahkannya sebagai hasrat ingin buang air kecil.

Hmm, ternyata tidak serumit yang kita pikirkan, ya? Lalu, apa akibatnya bila kita terlalu sering menyentuh bagian tersebut? Tentu saja tubuh akan "tertipu" dengan terlalu sering menerjemahkannya menjadi hasrat ingin buang air kecil.

(Sul/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut:

Artikel Selanjutnya
7 Tanda Aneh di Tubuh Anak yang Harus Cepat Diperiksa Dokter
Artikel Selanjutnya
Kenali 4 Tanda Wanita Ingin Bercinta atau Sebaliknya