Sukses

CJA Jadi Gardu Penghantar Gadis Ini Wujudkan Cita Cita

Liputan6.com, Jakarta Sejak duduk di bangku SMA, Linda punya mimpi jadi seorang jurnalis. Tekadnya menggapai mimpi tersebut begitu bulat. Melihat reporter yang terjun langsung ke ‘medan perang’, melihat news anchor yang dengan tegas, lugas dan profesional menyampaikan informasi kepada masyarakat. Linda yakin, ia ingin menjadi seperti mereka yang berdedikasi tinggi dan berkontribusi kepada masyarakat luas di kemudian hari.

Mengambil jurusan broadcasting di salah satu perguruan tinggi swasta merupakan langkah pertamanya dalam mewujudkan mimpi. Mempelajari teori yang ada dan sesekali mendengar pengalaman para dosen yang juga seorang praktisi selama hampir tiga tahun, membuka matanya bahwa menjadi seorang pekerja media bukanlah perkara mudah. Tetapi realita ini justru menyadarkannya, bahwa kemauan dan semangat dalam diri untuk mewujudkan mimpi seakan terus bertambah.

Bulan lalu, tak sengaja ia menemukan informasi tentang Citizen Journalist Academy di media sosial. Program ini begitu menarik perhatiannya, namun ia sempat ragu dan tidak langsung memutuskan untuk mendaftarkan diri. Tapi semangat mewujudkan mimpi menjadi pekerja media kian membara. Akhirnya ia putuskan untuk mendaftarkan diri dan mengikuti audisi serta proses seleksi.

Saat membaca kertas pengumuman yang isinya menyatakan dirinya lolos dan terpilih, ia  sempat terdiam sejenak, seperti tidak percaya tapi kemudian langsung mengucap syukur. Setelah dipersilakan duduk, ia langsung meraih ponsel dan menghubungi Ibu nya. Beliau adalah suporter utama dalam hidupnya yang tidak pernah ragu, yang selalu yakin akan kemampuannya dan percaya bahwa mimpinya menjadi seorang jurnalis akan terwujud.

Bagai gardu pertama sebelum memasuki jalan tol, meski tidak tahu akan ada rintangan apa dalam perjalanan, tapi yang pasti lewat gardu itulah kita akan sampai di tujuan. Seperti halnya juga program CJA 2017 ini baginya yaitu sebuah gardu penghantar dalam perwujudan mimpi, meski tidak tahu bagaimana perjalanannya dan akan ada rintangan apa, tapi yang pasti lewat program itu ia akan mewujudkan mimpi menjadi seorang jurnalis.

Penulis:

Linda Sugianto - Binus University

Finalis Citizen Journalist ACademy - Energi Muda Pertamina Jakarta

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Artikel Selanjutnya
Mahasiswi Ini Merantau Demi Membanggakan Orang Tuanya di Kampung
Artikel Selanjutnya
Mengibarkan Semangat Kreatif di Menara Kibar