Sukses

5 Eksperimen Paling Gila dan Mengerikan yang Dilakukan Manusia

Liputan6.com, Jakarta - Hingga 2017, sudah banyak penemuan penting yang diciptakan para ilmuwan. Semua penemuan itu diciptakan untuk membantu dan mempermudah hidup manusia. Untuk bisa menyelesaikan ciptaannya, para ilmuwan tentu melakukan aktivitas yang namanya eksperimen. Tanpa eksperimen, benda-benda canggih yang kita gunakan mustahil terwujud.

Bicara soal eksperimen, ternyata enggak semua eksperimen seindah dan semulus yang kamu bayangkan lho. Nyatanya, ada juga eksperimen yang terbilang mengerikan. Berikut lima eksperimen paling mengerikan yang pernah dilakukan manusia. 

1. Mind Control Experiments

Kalau kamu masih ingat satu scene di film Suicide Squad ketika Joker menyetrum kepala Harley Quinn. Itu adalah salah satu proses eksperimen pengendalian pikiran. Proses seperti itu nyatanya memang dilakukan organisasi sekelas CIA dalam proyek MK Ultra pada 1950-an.

Eksperimen mengendalikan pikiran dengan cara setrum sudah dilakukan lebih dari 60 tahun lalu. Eksperimen semacam itu dilakukan dengan teknologi mutakhir yang tentunya lebih aman. Sekelompok ilmuwan dari Harvard dan State University of New York kini tengah mengembangkan teknologi mengendalikan pikiran menggunakan komputer. Hingga kini, percobaan tersebut baru dilakukan pada seekor tikus.

1 dari 3 halaman

2. CRISPR – Gene Editing

CRISPR adalah nama eksperimen editing atau rekayasa genetika tingkat lanjut. Enggak seperti rekayasa genetika yang ada sekarang, eksperimen CRISPR diharapkan mampu mengedit gen manusia agar nantinya lahir sesuai keinginan. Misalnya berbadan besar, berambut keriting, bahkan bisa mengedit sifat dan karakter manusia tersebut!

CRISPR yang merupakan singkatan dari Clustered Regularly Interspaced Short Palindromic Repeats ini sampai sekarang masih diteliti dalam tahap lanjut. Jika benar terwujud, dijamin banyak pasangan akan "memodifikasi" tampilan dan karakter sang anak atau dengan kata lain mendahului Tuhan.

3. Artificial Womb – Rahim Buatan

Sesuai judulnya, eksperimen ini diciptakan untuk mewujudkan rahim buatan yang nantinya bisa digunakan agar orangtua, terutama ibu, enggak perlu lagi susah-susah mengandung calon bayi. Terinspirasi dari film Man of Steel di mana ada sebuah scene di planet asal Superman bahwa bayi-bayi diciptakan dalam rahim buatan. Sekelompok ilmuwan asal Philadelphia, Amerika Serikat kemudian mencoba mewujudkannya ke dunia nyata.

Eksperimen bernama BioBag hingga kini baru bisa diimplementasikan pada hewan. Namun, mereka meyakini dalam waktu dekat BioBag atau rahim buatan bisa dan aman digunakan oleh manusia. Kalau begini, pasangan sesama jenis enggak akan sulit punya keturunan. 

2 dari 3 halaman

4. De-Extinction

Kalau melihat eksperimen yang satu ini, pasti yang akan pertama kali terbayang di benak kita adalah Jurassic Park. Ya, eksperimen de-extinction atau upaya menghidupkan kembali spesies atau makhluk hidup yang sudah punah ini memang sekilasi mirip apa yang terjadi di film dinosaurus tersebut.

Sekelompok ilmuwan asal Spanyol sedang mengembangkan teknologi kloning bernama Nuclear Transfer. Sejauh ini, teknologi tersebut sukses menghidupkan spesies kambing gunung Pyrenian Ibex yang punah pada tahun 2000. Ke depannya, mereka berencana menghidupkan kembali spesies-spesies yang sudah punah lebih lama alias jauh lebih tua, termasuk dinosaurus.

5. Head Transplant

Selama ini, kita pasti sudah sering mendengar tentang transplantasi beberapa organ tubuh seperti ginjal, jantung, atau mata yang digunakan untuk keperluan medis. Namun, seorang ahli bedah saraf asal Italia, Sergio Canavero, mencoba sebuah eksperimen untuk melakukan transplantasi kepala.

Tak main-main, prosedur yang dinamakan Canavero dengan sebutan Gemini Spinal Cord Fusion ini diyakini benar-benar bisa dilakukan pada manusia. Bahkan pada 2017, Canavero berencana melakukan percobaan pertamanya pada manusia, yaitu kepala seorang pria di Tiongkok pada tubuh seorang pasien koma akibat kematian sel otak.

Sumber: https://jalantikus.com/gokil/eksperimen-paling-mengerikan-manusia/

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini. 

 

Artikel Selanjutnya
Seperti Otak Manusia, Makhluk Misterius Ini Bikin Heboh Ilmuwan
Artikel Selanjutnya
7 Fenomena Alam yang Belum Dapat Dijelaskan