Sukses

Batik Bawa Catherine Njoo ke Ajang New York Fashion Week

Catherine Njoo, designer dari Surabaya tampilkan batik di ajang New York Fashion Week Spring/Summer

Liputan6.com, Jakarta - Batik dari Nusantara mulai merambah Amerika Serikat. Pada ajang adi busana New York Fashion Week Spring/Summer misalnya, batik mendapat tempat dengan hadirnya perancang busana Catherine Njoo. Pada acara yang berlangsung pada awal September 2017 di The Gallery at the Dream Downtown, New York, Amerika Serikat, Catherine Njoo memanjakan pengunjung dengan koleksi busana batik bertema Bali.

"Orang Amerika Serikat lebih kenal dengan Bali. Ini menjadi kesempatan bagus untuk memperkenalkan batik Bali. Saya membawa koleksi busana batik prada Bali, yang dinominasi warna hitam dan emas,” kata Catherine Njoo.

Melalui surat elektronik, desainer dari Surabaya yang hobi membuat kerajinan tangan ini bercerita tentang pengalamannya tampil di panggung New York Fashion Week Spring/Summer 2018 sebagai berikut:

Bagaimana perasaan Catherine Njoo bisa tampil dan memperkenalkan busana di acara New York Fashion Week Spring?

Luar biasa! Bangga, nervous, takut dan bahagia campur aduk jadi satu. Sekaligus senang karena mendapat kesempatan emas ini.

Mengapa memilih konsep busana batik?

Karena saya cinta Indonesia. Saya lahir Indonesia, besar di Indonesia. Telah menjadi mimpi besar saya agar dunia lebih mengenal batik lagi. Saya ingin dunia mengerti bahwa dari Indonesia, bukan dari negara lain. Seperti halnya dunia mengenal kain sari dari India.

Berapa kali tampil di ajang fashion dunia?

Ini yang perdana.

Berapa busana yang ditampilkan di pagelaran busana New York Fashion Week Spring?

Ada 12 koleksi terbaru. Secara khusus, saya membawa batik pradah dari Bali untuk diperkenalkan di acara ini.

Mendapat dukungan penuh dari pemerintah?

Iya. Saya diundang dan difasilitasi oleh kedutaan Indonesia di Amerika Serikat untuk memperkenalkan berbagai koleksi terbaru saya. Kesempatan ini saya gunakan bersama teman-teman untuk membawakan keragaman karya anak bangsa, yang nggak kalah dengan negara lain.

Ia gembira, berbagai busana batik yang dibawanya mendapat sambutan antusias pengunjung New York Fashion Week Spring/Summer 2018.

"Mereka semua sangat kagum akan keindahan batik Bali dari Indonesia. Respons positif dan ulasan positif menunjukkan betapa antusias warga luar negeri kepada batik," lanjutnya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini