Sukses

Ci Cong Fan, Camilan Sehat dan Mengenyangkan dari Medan

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para pencinta camilan--terutama jajanan kaki lima--pasti sudah tak asing lagi dengan camilan khas Medan, Ci Cong Fan. Kue Medan yang satu ini berbahan dasar tepung beras dan tang mien (tepung yang terbuat dari pati gandum). Lembaran "kulit" Ci Cong Fan ini bertekstur lembut mirip dengan tekstur kwetiau.

Ci Cong Fan biasanya diisi dengan daging sapi atau babi (bagi non-Muslim). Namun, kini banyak Ci Cong Fan yang diisi dengan sayuran segar. Dengan bahan dasar yang sehat dan isian yang sehat, Ci Cong Fan tentu menjadi pilihan camilan yang tepat untuk kamu yang hobi ngemil.

Penyajian Ci Cong Fan biasanya dilengkapi dengan kuah kecap asin atau saus asam manis pedas. Selain siraman kuah pelengkap, ada juga Ci Cong Fan yang dilengkapi dengan gorengan uyen (talas serut bentuk bola), chai thau kwe (gorengan lobak bentuk kotak), siomay, atau lumpia.

Ci Cong Fan biasanya mudah ditemukan di pusat jajanan kaki lima atau di dekat-dekat sekolah. Penjualnya biasa menggunakan sepeda atau sepeda motor. Ci Cong Fan jarang ditemukan di restoran karena camilan ini memang merupakan street food paling khas dari Medan.

Penulis:

Alca Octaviani

Universitas Multimedia Nusantara

 

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Doyan Makan Sushi? Ini Pilihan yang Tak Bikin Gemuk
Artikel Selanjutnya
15 Makanan Khas Cirebon Ini Bertahan dari Gempuran Junk Food