Sukses

Ilmuwan: Gunakan Garam di Kopi Pahit, Bukan Gula

Menurut pakar, alih-alih menambahkan gula, Anda disarankan untuk menambahkan garam pada kopi pahit Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Selalu ada cara yang lebih kreatif untuk minum kopi. Dalam menghadapi rasa kopi yang pahit, kita biasanya akan menambahkan gula untuk mengatasinya.

Akan tetapi, hal yang berbeda justru disarankan oleh para ilmuwan. Menurut pakar, alih-alih menambahkan gula, Anda disarankan untuk menambahkan garam pada kopi pahit Anda.

Studi yang dimuat di jurnal Nature memaparkan bahwa ion natrium dapat menekan kepahitan pada kopi dan meningkatkan rasanya. Tentunya, cara ini digunakan hanya untuk kopi yang benar-benar pahit. Sedikit garam diklaim manjur untuk melunakkan rasa pahit tersebut.

Meski terdengar aneh, ini bukan pertama kalinya penggemar minuman memanfaatkan garam untuk meningkatkan rasa. Pakar wine juga mengakui garam dapat menghaluskan dan menyeimbangkan rasa wine murahan.

Mantan kepala pejabat teknologi Microsoft, Nathan Myhrvold, pernah membuat percobaan terkait penyataan tersebut di pesta makan malamnya. Ia menambahkan sedikit garam ke gelas tamu yang berisi anggur. Hasilnya, ia menemukan bahwa keseluruhan rasa anggur terasa lebih nikmat.

Kembali ke kopi, para ahli menyarankan untuk berhati-hati menambahkan garam ke kopi pahit Anda. Sebab, jika terlalu banyak, kopi Anda justru terasa lebih buruk daripada sebelumnya.

(Sul/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.