Sukses

6 Kesalahan Saat Booking Hotel yang Jarang Kamu Sadari

Sayangnya, meski mudah dilakukan, kesalahan saat booking hotel juga masih sering terjadi lho.

Liputan6.com, Jakarta - Sekarang ini, booking hotel untuk traveling bukan jadi hal yang susah. Sebab, kamu bisa melakukannya di mana pun dan kapan pun cukup dengan menggunakan ponsel atau laptop.

Cukup dengan memilih lokasi hotel, tanggal menginap, dan metode pembayaran. Setelah itu kamu sudah bisa menyelesaikan urusan lain yang berhubungan dengan liburan.

Sayangnya, meski mudah dilakukan, kesalahan saat booking hotel juga masih sering terjadi lho. Contohnya saja salah memesan kamar, salah memilih tanggal menginap, tidak membaca informasi hotel dengan teliti, dan masih banyak lagi.

Walaupun remeh, kelalaian seperti ini bisa saja membuat rencana traveling dan mood kamu jadi berantakan. Hasilnya, bukannya menikmati liburan dengan nyaman, kamu justru malah dirundung rasa kesal selama perjalanan.

Nah, supaya hal yang seperti ini enggak kejadian di kamu, simak dulu yuk beberapa kesalahan saat booking hotel yang sering dilakukan oleh traveler berikut ini.

1. Salah Mengatur Waktu Check In atau Check Out

Kesalahan saat booking hotel yang pertama berhubungan dengan pengaturan waktu check in dan check out. Terkadang, traveler yang lupa untuk memperhitungkan jarak tempuh pesawat, khususnya perjalanan ke luar negeri yang butuh waktu seharian.

Hasilnya, mereka jadi harus membayar biaya yang tak perlu karena memilih waktu check in bersamaan dengan waktu keberangkatan. Sebaiknya, sebelum reservasi penginapan, pastikan untuk memeriksa betul-betul kapan pesawat datang dan pergi ya.

2. Tidak Memanfaatkan Fasilitas Kartu Kredit

Salah satu cara untuk menghemat biaya traveling adalah dengan memanfaatkan fasilitas dari kartu kredit seperti diskon pesawat, penginapan gratis, bonus cash-back, dan masih banyak lagi. Jadi, kalau kamu punya ini, sebaiknya dimanfaatkan baik-baik saat liburan deh.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Reservasi di Hotel yang Salah

Reservasi di hotel yang salah ini cukup sering terjadi. Kasusnya sih berbeda-beda. Pertama, traveler seringkali terkecoh dengan hotel yang memiliki banyak cabang.

Hal tersebut membuat mereka jadi datang ke penginapan yang sebenarnya tidak direservasi. Kedua, booking hotel di lokasinya tidak strategis sehingga jauh dari pusat kota, bandara, terminal, atau tempat wisata.

Nah, sebelum memesan kamar, jangan lupa perhatikan informasi serta deskripsi hotel secara teliti ya!

4. Tidak Membaca Informasi Secara Detail

Sumber utama dari kesalahan saat booking hotel sebenarnya adalah sifat ceroboh si traveler yang tidak membaca informasi atau deskripsi hotel secara detail.

Contoh pertama mengenai masalah lokasi sudah disebutkan di poin sebelumnya. Yang kedua adalah fasilitas yang ada di penginapan. Sarana seperti ini sangat mempengaruhi mood liburan kamu lho.

Kamu tentu jadi bisa beristirahat atau rileksasi dengan tenang dan nyaman kalau tempat menginap yang dipilih punya berbagai fasilitas yang mumpuni, kan? Jadi, pastikan untuk membaca dengan teliti informasi yang diberikan tentang hotel yang kamu pilih ya.

3 dari 3 halaman

5. Mengabaikan Review dari Traveler Lain

Setelah melihat foto-foto dan informasi detail tentang hotel di website, hal lain yang tidak boleh kamu abaikan adalah membaca review dari traveler yang sudah pernah menginap di hotel tersebut.

Masalahnya, terkadang apa yang ditulis di kolom deskripsi tidak sesuai dengan kenyataan. Ulasan dan pengalaman dari tamu yang pernah bermalam di penginapan tersebut harus kamu pertimbangkan baik-baik ya.

6. Lupa Membandingkan Harga

Saat booking hotel, jangan cuma terpaku dengan satu situs saja. Wajib hukumnya untuk kamu melakukan riset atau perbandingan harga sebelum memesan kamar agar tidak terkecoh dan harus membayar biaya menginap lebih mahal.

Perhatikan pula promo atau diskon yang bisa kamu manfaatkan. Lumayan kan jadi bisa menekan bujet traveling. 

Mau tahu satu lagi yang paling penting apa, selengkapnya bisa kamu baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.