Sukses

Bali hingga Jogja, 5 Kota Ini Jadi Tempat Wisata Kuliner Nasional

Arief Yahya kembali menekankan penetapan lima kota di Indonesia sebagai Destinasi Wisata Kuliner Nasional pada acara WICSF 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Meski belum diresmikan, Menteri Pariwisata, Arief Yahya kembali menekankan penetapan lima kota di Indonesia sebagai Destinasi Wisata Kuliner Nasional pada acara Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival (WICSF) 2017 di Mal Kota Kasablanka, Rabu (27/09/2017).

Penetapannya dilakukan berdasarkan enam kelayakan, yakni produk dan daya tarik utama, pengemasan produk dan event, kelayakan pelayanan, kelayakan lingkungan, kelayakan bisnis, dan peran pemerintah dalam pengembangan destinasi wisata kuliner.

Arief Yahya kini sedang mengusahakan agar Destinasi Wisata Kuliner Nasional tersebut bisa mendapatkan sertifikasi dari World Tourism Organization UNWTO. Dengan begitu, informasi terkait kota-kota ini pun bisa semakin diketahui oleh traveler dan foodies dunia.

Sudah enggak sabar untuk berburu makanan dan minuman lezat di destinasi wisata kuliner nasional ini? Berikut ini daftar kotanya.

1. Bali

Selain tempat wisata yang menenangkan mata, hati, dan pikiran, Pulau Dewata juga punya banyak pilihan destinasi seru untuk memanjakan perut.

Beberapa tempat makan legendaris yang bisa kamu temukan di Bali adalah Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Bebek Bengil, Warung Mina, atau Sanur Night Market. Cita rasa otentik khas The Island of God bisa kamu dapatkan di sana. Selain enak, harganya juga sangat ramah di kantong.

2. Bandung

Kalau bicara tentang destinasi kuliner terbaik di Indonesia, Bandung sih sudah jadi juaranya. Mulai dari tradisional hingga modern, semua ada di Kota Kembang. Inilah alasan mengapa banyak traveler yang sengaja datang ke sana hanya untuk berburu menu-menu yang unik.

Selain makanan atau minuman nikmat, kafe atau restoran kekinian favorit anak muda juga menjamur di sana. Beberapa tempat makan yang enggak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Bandung adalah Kalpa Tree, One Eighty Coffee, dan Stop & Shop Bandung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Yogyakarta

Enggak perlu heran kalau Yogyakarta masuk ke daftar destinasi wisata kuliner nusantara. Saking banyaknya pilihan tempat makan enak, kamu bahkan harus meluangkan satu hari khusus untuk mencicipi menu-menu nikmat yang ada di sana.

Angkringan di Malioboro, The House of Raminten, Gudeg Yu Djum, Sate Klatak Pak Pong, atau Gudeg Pawon adalah deretan tempat yang wajib kamu datangi ketika traveling ke Kota Pelajar.

4. Solo

Nikmatnya Srabi Notosuman, Selat Solo Mbak Lies, Timlo Sastro, atau Tahu Kupat Sholihin mungkin jadi alasan mengapa Solo masuk ke dalam daftar destinasi wisata kuliner nusantara.

Bahkan, salah satu tempat bernama Soto Gading yang berlokasi di kawasan Pasar Kliwon, Surakarta, sudah jadi lokasi kulineran favorit Presiden RI, Joko Widodo.

Selain terkenal dengan kelezatan rasanya, sebagian besar makanan atau minuman yang dijual di kota ini punya harga yang murah meriah lho. Pasti bakal puas deh jelajah makanan nikmat di sana.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini