Sukses

Kobarkan Semangat Finalis CJA, Sikap dan Komitmen Wajib Digenggam

Liputan6.com, Jakarta Menginjak pekan kelima, Rabu (27/9/2017) lalu, finalis Citizen Journalist Academy (CJA) Energi Muda Pertamina Balikpapan kembali mendapat bekal dari para coach. Selain menerima teori jurnalistik, mereka juga berkesempatan membedah langsung karya-karya yang telah dibuat.

Agenda Coaching itu berlangsung di Art Gallery Dekranasda Balikpapan, sejak pukul 10.00 Wita. Selain mendapat pemaparan umum seputar CJA dari Angga Utomo dan Sulistyo Hadi selaku pembina pusat, coach dari masing-masing bidang juga dihadirkan.

Untuk bidang video dan news presenting, Coach Danny Maulana dan Ryan Wiedaryanto hadir langsung di Kota Minyak. Sedangkan untuk bidang menulis, finalis mendapat materi dari Azwar Anas selaku Editor kanal Regional Liputan6.com.

Tak sekadar mendengar pemaparan, 27 finalis yang hadir juga berkesempatan membedah langsung karya mereka. Berita artikel maupun audiovisual, dikupas untuk dikoreksi. Sebagian karya, bahkan akhirnya diminta untuk dibuat ulang, agar bisa diusulkan tayang di Indosiar.

“Semangatnya bagus. Cuma memang perlu banyak belajar. Ternyata apa yang kalian pangkas, justru itu yang menarik untuk ditampilkan,” ungkap Ryan, coach untuk bidang News Presenting saat mengupas tugas Local Wisdom Balikpapan.

Koreksi yang disampaikan tak meredupkan semangat finalis untuk memperbaiki karya. Justru banyak hal baru yang mereka dapatkan dari sesi ini.

“Jadi semakin banyak tahu dan siap buat tugas-tugas selanjutnya. Semakin antusias dan pengin berikan yang terbaik,” kata Muhammad Rifky Maulana, mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan, yang juga ketua CJA Balikpapan.

Tak sekadar mendengar pemaparan, 27 finalis yang hadir juga berkesempatan membedah langsung karya mereka

Selain materi, finalis juga diingatkan soal attitude dan komitmen dalam menjalankan profesi sebagai jurnalis. Di dunia kerja, khususnya media, dua aspek itu harus dipegang.

Attitude itu akan menjadi citra yang dikenal orang. Karena, tak menutup kemungkinan, citra itulah yang melekat pada pribadi masing-masing finalis, saat nanti kembali bertemu di tempat atau komunitas yang berbeda,” ucap Sulistyo, pembina pusat CJA.

Penulis:

Dayanara Simamora - Universitas Mulawarman

Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Artikel Selanjutnya
DKI Jakarta Rengkuh Juara Pertama Duta Muda ASEAN 2017
Artikel Selanjutnya
Tingkatkan Motivasi, Timnas Indonesia HWC Bawa Baju Daerah