Sukses

7 Bagian Tubuh Manusia yang Dianggap Sepele Tapi Manfaatnya Besar

Beberapa bagian tubuh khas ini tidak pernah Anda ketahui sebelumnya beserta fungsinya.

Liputan6.com, Jakarta Di setiap saat dalam hidup kita, kita melakukan tindakan tanpa memikirkan bagaimana tubuh kita sebenarnya terstruktur. Dilansir dari Brightside, berikut beberapa bagian tubuh khas yang tidak pernah Anda ketahui sebelumnya beserta fungsinya.

1. Glabella

Tentunya, tidak semua orang tahu bahwa bagian dari dahi di antara alis disebut glabella. Bagian ini biasa digunakan untuk mengukur turgor kulit pada pasien yang dicurigai mengalami dehidrasi.

Anda juga dapat memeriksa refleks neurotik Anda dengan bantuan glabella. Anda hanya perlu menyentuh titik di antara alis beberapa kali. Jika mulai berkedip, refleks Anda baik-baik saja.

2. Hallux

Sering dianggap remeh, hallux yang merupakan nama lain dari jempol kaki bertanggung jawab terhadap menjaga keseimbangan kita saat berada dalam posisi vertikal. Jempol turut terangkat dari tanah saat kita melangkah, sama seperti jemari kaki lainnya, namun jempol memberikan dukungan terhadap hampir 40% dari berat badan kita yang tak dapat dilakukan jemari kaki lainnya.

3. Frenulum lidah

Lipatan kecil ini diperlukan untuk menopang bibir atas dan lidah. Berkat frenulum, lidah Anda bergerak ke arah yang diinginkan dan gerakannya terbatas. Beberapa orang di dunia memiliki frenulum yang sangat pendek sehingga membuat mereka hampir tidak dapat berbicara.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Levator labii superioris

Sering melihat bagian lipatan saat bibir terangkat seperti pada foto di atas. Keunikan tersebut dimiliki seseorang yang levator labii superioris alias otot bibir atasnya berbeda dari kebanyakan. Dengan ini, saat seseorang mengangkat bibir atas, lipatan nasolabialnya akan lebih dalam dibanding lainnya.

5. Span

Banyak dari Anda pernah mendengarnya, tapi tidak semua orang mengetahui bahwa jari bisa digunakan sebagai alat ukur. Pada zaman kuno, ukuran panjang antara ibu jari dan telunjuk sering digunakan sebagai alat ukur. Panjangnya bervariasi antara 7-9 inci.

3 dari 3 halaman

6. Tragus

Rukuh kecil dari telinga luar ini memainkan peranan penting dalam mendengar suara dari belakang dan menentukan sumber suaranya. Berkat tragus, refleksi suara ke internal telinga membuat frekuensinya makin kuat dan meningkatkan kepekaan terhadap suara dan situasi di sekitar seseorang.

7. Lacrimal caruncle

Ada yang mengatakan bagian tubuh yang satu ini berfungsi untuk mengeluarkan air mata. Padahal tidak sepenuhnya demikian. Kelenjar air mata memang terletak dekat dengan bagian tubuh ini, namun rudiment ini sebenarnya dimiliki manusia sebagai buah dari evolusi.

Detail mukosa kecil di sudut mata ini sebenarnya merupakan kelopak mata ketiga yang dikembangkan dari makhluk amfibiotik, di mana pada manusia struktur tersebut tidak diperlukan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.