Sukses

Pembuktian Diri Arina Rishtanata, Terpilih Jadi Finalis CJA

Liputan6.com, Jakarta - Arina Rishtanata mempunyai mimpi besar menjadi seorang presenter. Karena mimpinya itu, setiap ada kompetisi ia pun ikut berpartisipasi. Ia bahkan memilih melanjutkan pendidikan perguruan tinggi dengan mengambil jurusan penyiaran di STIKOM Interstudi sebagai salah satu cara menggapai mimpinya tersebut. Selain itu, berbagai informasi mengenai dunia jurnalistik pun kerap ia cari dan ikuti.

Pada Juni 2017, Arin--sapaan Arina mendapatkan informasi tentang pendaftaran "Citizen Journalist Academy- Energi muda pertamina" dari media sosial. Awalnya ia ragu untuk mencobanya, karena acara tersebut diselenggarakan oleh Indosiar Liputan6.com dan Pertamina.

Menurutnya kualifikasi yang diinginkan akan sangat tinggi dan peserta yang mendaftar pasti banyak sekali. Sedangkan di Jakarta nantinya hanya dipilih 30 mahasiswa.

Meski pesimis, ia tetap mencoba dengan mendaftarkan diri. Menurutnya, jika ia  tidak mencoba maka ia tidak akan pernah tahu hasilnya. Ketika dirinya  menginginkan sesuatu, maka ia  akan berusaha sehingga bisa mencapainya.

Sikap optimisnya pun berbuah hasil. Setelah mendaftar, ia mendapatkan email untuk mengikuti workshop di The Ice Palace Lotte Avenue Kuningan Jakarta. Pada saat pengumuman daftar peserta lolos tahap pertama, namanya masuk dalam daftar tersebut dan dinyatakan bisa mengikuti  audisi tahap selanjutnya. 

Selanjutnya ia harus mengikuti tahap FGD dan interview. Pada setiap rangkaian audisi, dia  berusaha menunjukkan bakat, melakukan hal terbaik, dan semaksimal mungkin agar bisa lolos. Usahanya tidak sia sia, ia pun dinyatakan masuk 40 besar. Setelah itu dia mengikuti final result finalis CJA – EMP Jakarta 2017 di SCTV Tower, Jakarta, pada Sabtu, 29 Juli 2017.

Sayangnya, ia terlambat dalam final result finalis CJA Jakarta. Semua peserta sudah berfoto bersama, berbahagia karena mereka sudah terpilih menjadi finalis. Ia pun berpikir bahwa namanya sudah di blacklist dan tidak akan mendapatkan kesempatan lagi.

Namun ternyata, keberuntungan masih berpihak padanya. Dia kemudian diarahkan untuk bertemu beberapa coach untuk interview dan akhirnya diberi sebuah amplop yang harus dibuka di depan para coach. Ternyata ia mendapatkan surat keterangan bahwa ia lolos menjadi 30 finalis dari 977 peserta yang sudah mendaftar Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina di Jakarta. Ia terpilih sebagai finalis Public Relation (PR) di  Citizen Journalist Academy-Energi Muda Pertamina.

Rasa syukur ia panjatkankarena telah diberi kesempatan untuk menjadi salah satu finalis dari Jakarta. Mimpinya  terpilih menjadi 30 finalis CJA-EMP di Jakarta menjadi nyata. Meskipun pilihan pertamanya ingin menjadi seorang presenter dan kenyataannya terpilih menjadi finalis PR, ia merasa bangga.

Baginya ia telah diberikan kesempatan untuk mendapatkan tantangan dan wawasan baru tentang PR, terlebih ia  memang suka membangun relasi dan membangun hubungan yang baik kepada semua orang sehingga ia tetap senang untuk menjalaninya. Dengan menjadi finalis, berarti nantinya juga ia akan kenal dengan banyak praktisi. Akan punya banyak teman dari berbagai bidang. Dan nantinya semua itu akan bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.

Penulis:

Arina Rishtanata – STIKOM Interstudi

Finalis Citizen Journalist Academy- Energi Muda Pertamina Jakarta

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Artikel Selanjutnya
Terinspirasi Jokowi, Giring Nidji Terjun ke Politik
Artikel Selanjutnya
Peluang Anak Didik Kelima Mentor di Stand Up Comedy Academy 3