Sukses

Ingin Jadi Cosplayer, Ini 6 Alat yang Pasti Kamu Butuhkan

Liputan6.com, Jakarta Penyelenggaran festival ala Jepang di Indonesia bukan lagi suatu hal yang langka, misalnya Comic Con, Anime Festival Asia (AFA), dan Ennichisai. Kamu mungkin adalah salah satu dari banyaknya pengunjung yang ingin mulai menjadi seorang cosplayer alias orang-orang yang berkostum ala karakter dalam film animasi. Menjajal dunia cosplay memang menjadi salah satu impian beberapa pencinta Jepang.

Pencarian kostum karakter yang dipilih memang terbilang tidak begitu sulit, karena sudah banyak online shop yang menawarkan jasa pembuatan kostum ataupun menjual kostum jadi. Namun, harga yang mahal membuat sebagian orang, termasuk kamu, mengurungkan niat untuk membeli, sebab kamu juga harus memikirkan pengeluaran untuk riasan wajah dan rambut palsu. Jika budget pas-pasan, kamu dapat mencoba untuk membuat kostum sendiri. Berikut enam benda atau kebutuhan dasar yang dapat membantu kamu dalam menjajal dunia cospplay.

1. Lem tembak

Lem tembak sangat dibutuhkan untuk kostum yang membutuhkan banyak detail, terutama saat kamu akan membuat baju besi. Lem tembak yang panas dapat melekatkan bagian tersebut dengan baik dan tidak berat. Selain itu, sifatnya yang transparan akan membuat penampilan kostummu lebih baik.

2. Spidol kain atau fabric markers 

Ketika akan membuat kostum, kamu pasti akan membeli kain untuk dibuat pola sesuai dengan karakter yang akan kamu tiru. Untuk memudahkan dalam membuat pola, kamu membutuhkan spidol kain agar lebih rapi saat menggunting atau menjahit pola.

Kamu dapat menggunakannya ketika memiliki desain yang rumit seperti menggambar sendiri detail tersebut. Kamu bisa gunakan berbagai warna untuk menandai berbagai hal yang berbeda, seperti bagian yang harus digunting dan bagian yang harus dijahit.

 

 

1 dari 2 halaman

3. Kayu meteran atau yardstick

Ketika kamu menggunakan spidol kain, tentu kamu membutuhkan sebuah penggaris agar pola yang kamu buat lebih rapi dan tidak berantakan. Bahannya yang kokoh dibanding penggaris plastik dapat membantumu membuat kostum yang lebih baik. 

4. Pita pengukur

Pita pengukur dapat membantu kamu dalam mengukur tiap titik untuk memastikan detail kostum yang sesuai. Mengukur dengan pita ini sangat penting untuk dapat menyesuaikan dengan lingkar dan lebar badanmu.

5. Mesin jahit

Tanpa benda ini, kamu akan kesulitan dalam menjahit kostummu, terutama bagian-bagian yang tidak bisa dikerjakan dengan jahitan dari tangan. Mesin jahit merupakan alat pokok bagi para cosplayer dalam membuat kostumnya. Terlebih lagi, mesin jahit sekarang mudah digunakan. Kamu dapat menggunakan mesin jahit besar ataupun portabel.

6. Kopi

Kamu akan membutuhkan banyak kopi dalam membuat kostummu sendiri. Sebab, kamu akan merasa tidak mempunyai banyak waktu dalam menyelesaikannya sehingga kamu memutuskan untuk mengerjakan kostum tersebut hingga larut malam.

Lagipula, membuat kostum hingga larut malam bukanlah hal yang dapat dihindari untuk mereka yang membuat kostum sendiri. Oleh karena itu, untuk tetap fokus, kamu membutuhkan kopi agar tidak tertidur di samping mesin jahit.

Penulis

Meidiana Triani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Tak Punya Passion? Kenali Keahlian Anda Dengan Cara Berikut
Artikel Selanjutnya
Meski Mampu, Perlukah Borong Barang Bermerek?