Sukses

Ngotot Bayar Tunai, Pengendara dan Petugas Tol Debat Alot

Liputan6.com, Jakarta - Video terkait perdebatan antara petugas tol dan pengendara mobil kini tengah viral di dunia maya. Video berdurasi 3 menit 20 detik tersebut diunggah pertama kali di laman Facebook Suara FSPMI pada Sabtu 30 September 2017 pukul 11.54 WIB.

"Akibat kebijakan yang salah, rupiah yang jelas sebagai alat pembayaran yang sah ditolak saat pembayaran di pintu tol," tulis keterangan video di Suara FSPMI. 

Dalam video yang direkam pada Jumat 29 September 2017 itu terdengar pengendara mengatakan jika kebijakan tersebut baru berlaku pada Minggu 1 Oktober 2017.

"Tanggal 1 Oktober itu skala nasional," balas petugas.

"Oh, ini bukan nasional? Sini enggak ikut nasional?" tanya pengendara mobil.

Kejadian tersebut menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Beberapa warganet mendukung aksi pengendara mobil tersebut dan merasa peraturan ini tidak ramah dengan orang kecil, sementara yang lain menyayangkan kebijakan yang akan menghilangkan lapangan pekerjaan untuk para petugas tol tersebut.

Selain itu, ada pula komentar yang menyebutkan kebijakan tersebut harus dikaji ulang. Namun, tidak sedikit pula yang mendukung petugas tol, sebab telah menjalankan peraturan sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Seluruh gerbang tol di Indonesia menerapkan pembayaran nontunai. Kebijakan tersebut mulai berlaku pada 1 Oktober 2017. Sosialisasinya dilakukan sejak beberapa pekan sebelumnya.

Video yang viral di berbagai media sosial ini memperlihatkan pengendara menolak mundur atau pun membayar nontunai dan tetap berdebat dengan petugas tol. Akhirnya, petugas keamanan menghampiri gardu tersebut dan pengendara mobil itu akhirnya membayar tunai kepada petugas keamanan, lalu petugas keamanan menempelkan kartu e-tollnya ke mesin.

Penulis

Meidiana Triani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan videonya di sini: