Sukses

Fotografer Difabel Asal Indonesia Pukau Dunia dengan Karyanya

Liputan6.com, Jakarta - Jika kamu melihat karya Achmad Zulkarnain, mungkin kamu tidak pernah menduga bahwa ia harus menggunakan mulutnya untuk mengambil gambar yang ia inginkan. Pria berusia 24 tahun ini terlahir tanpa tangan dan kaki, tapi hal tersebut tidak menghambat semangat dan hasratnya.

Achmad tidak memiliki jari, tapi mempraktikkan bentuk ketangkasan unik dalam berkarya dengan menggunakan wajah, mulut, dan bagian tubuh lainnya untuk mengoperasikan kamera. Begitu dia berhasil mengambil gambar yang ia inginkan, ia akan mengolahnya di laptop tanpa bantuan yang ia lain.

"Saya tidak ingin orang melihat ke foto saya dan memikirkan siapa saya. Saya hanya ingin mereka melihat kreativitas saya," kata Achmad seperti dilaporkan Al Jazeera.

 

My self

A post shared by bang_dzoel (@bangdzoel_) on

Tak hanya menjadi orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik, ia juga membuktikan bahwa tiap perjuangan dapat diatasi dengan tekad yang cukup. Malahan, Achmad telah mendirikan perusahaan sendiri, DZOEL, untuk membantunya mengelola bisnis dan tawaran memotret yang ia terima dari mana saja.

 

A post shared by bang_dzoel (@bangdzoel_) on

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini: