Sukses

Tips Efektif Personal Branding Psikolog Tampan untuk CJA Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Di usianya yang relatif muda, Yudha Heka Satria berhasil mengantongi berbagai prestasi di bidang psikologi. Pria yang akrab disapa Yudha ini juga gemar berbagi ilmu dengan mahasiswa. Seperti halnya yang ia lakukan Sabtu, 30 September 2017 lalu.

Bertempat di SCTV Tower Senayan City, Jakarta, pria yang saat ini berdomisili di Pulau Dewata Bali ini membagi ilmu seputar pentingnya Personal Branding kepada para Finalis Citizen Journalist Academy Jakarta

Kita semua tentu paham dampak Personal Branding bagi perjalanan karir, apalagi finalis CJA yang kebanyakan berasal dari jurusan komunikasi.  Namun sebenarnya, bagaimana menerapkan strategi Personal Branding di era teknologi maju? Alih-alih sekadar teori, Yudha justru merangkum hal-hal yang jarang diketahui mahasiswa dalam waktu singkat.

sebelum bertolak kembali ke Denpasar, Yudha juga memberikan tes kepribadian bagi 3 orang finalis CJA Jakarta.

Menurut Yudha, Personal Branding dimulai dengan attract, yaitu mahasiswa didorong untuk mengemukakan keunikan diri melalui skill dan passion yang dimiliki. Mereka juga harus menampilkan impresi yang positif melalui ekspresi, penampilan, kepribadian, hingga nada suara.

Ternyata kita juga bisa mempelajari cara untuk meyakinkan orang dengan komunikasi melalui Neuro-linguistic programming (NLP). Kita  juga dapat mengevaluasi diri dengan analisa SWOT dari masing-masing pribadi. 

Saat merasa kebingungan, tentu kita dapat menanyakan persepsi orang terhadap diri kita. Selain itu, kita juga mesti memahami penggunaan fungsi dari sosial media sebelum terlibat di dalamnya.

Setelah diaplikasikan, jangan lupa untuk mempertahankan dan mengembangkan citra positif yang kita inginkan. Psikolog yang sempat menjadi duta hijau nasional ini juga mengajak finalis CJA untuk mempraktekkan bahasa tubuh non verbal yang baik, contohnya posisi tubuh dan jabatan tangan.

Tiap baju yang diproduksi dicetak dengan kata-kata positif dengan harapan sang pemakai akan terinspirasi untuk melakukan aksi bermanfaat

Di akhir sesi, penanya terbaik diberi kaos eksklusif dari lini baju miliknya. Tiap baju yang diproduksi dicetak dengan kata-kata positif dengan harapan sang pemakai akan terinspirasi untuk melakukan aksi bermanfaat. Rupanya kejutan tak berhenti disitu, sebelum bertolak kembali ke Denpasar, Yudha juga memberikan tes kepribadian bagi 3 orang finalis CJA Jakarta. Sungguh sebuah akhir pekan yang produktif bagi para calon jurnalis masa depan ini.

Penulis:

Debby Marieta – Universitas Prasetiya Mulya

Finalist Citizen Journalist Academy – Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Artikel Selanjutnya
Ubah Keterampilan Jadi Peluang Bisnis
Artikel Selanjutnya
Ingin Kreatif Mengolah Konten di Instagram? Begini Caranya