Sukses

Inovasi Terbaru Jepang, Es Loli Tak Meleleh Kena Sinar Matahari

Liputan6.com, Jakarta Biasanya es krim pasti meleleh jika berada pada suhu panas. Namun kini di Jepang terdapat es krim loli yang tidak akan meleleh meskipun berada di bawah sinar matahari.

Es loli yang tidak bisa meleleh ini merupakan hasil sebuah percobaan yang dilakukan oleh Japan's Biotherapy Development Research Center atau yang lebih dikenal dengan Kanazawa Ice Japan.

Dilansir dari Oddity, awalnya eskrim ini merupakan hasil dari percobaan seorang koki pastry yang ingin membuat sesuatu yang berbeda dari pembuatan kembang gula dengan campuran polifenol yang merupakan ekstraksi dari buah stroberi. Namun ternyata hasilnya terlalu padat.

Es Loli Jepang Ini Tidak Meleleh Walaupun Terkena Sinar Matahari

Pada saat dicoba dengan krim susu yang dicampur dengan polifenol, hasilnya tetap sama. Krim susu yang dicampurkan menjadi padat dan kaku. Lalu koki ini terpikirkan untuk memuat suatu revolusi untuk es krim yang tidak meleleh.

Tomihisa Ota, profesor farmasi di Universitas Kanazawa mengatakan polifenol memang bisa menyulitkan air dan minyak untuk dipisahkan. Dengan menambah zat tersebut ke dalam es krim akan membuat bentuknya bertahan lebih lama dari biasanya.

Dan salah satu faktor utama cepatnya es krim itu meleleh adalah destibilasi lemak. Maka dari itu es krim tidak akan meleleh meskipun ada di suhu panas atau terkena sinar matahari. Tidak hanya tahan dalam beberapa menit saja, berkat kandung polifenol ini es krim bisa bertahan hingga 3 jam.

 

Penulis:

Karen

Universitas Pancasila

 

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami

Artikel Selanjutnya
Pengaruh Sinar Matahari di Kulit Sekarang Bisa Dilihat dari Foto
Artikel Selanjutnya
Ngeri, Ini yang Terjadi Bila Kamera Terpapar Gerhana Matahari