Sukses

Baterai Super Campuran Aspal Bisa Cas Ponsel dalam 5 Menit

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian terbaru menunjukkan baterai lithium dengan sentuhan aspal dapat mengisi 10-20 kali lebih cepat dari baterai lithium-ion komersial. Alih-alih memakan waktu berjam-jam, untuk mengisi baterai super ini hanya butuh waktu setidaknya lima menit.

Para peneliti mengembangkan anoda tersebut dengan karbon berpori yang terbuat dari aspal yang sangat stabil setelah lebih dari 500 siklus pengisian daya. Ditemukan bahwa anoda aspal dan lithium ini memiliki kerapatan arus tinggi 20 milimeter per sentimeter persegi.

Untuk membuat baterai baru tersebut, ilmuwan dari Rice University menambahkan turunan aspal yang disebut gilsonite sebagai bahan baru. Mereka kemudian melapisinya dengan logam litium dan menambahkan katoda yang terbuat dari karbon sulfat.

Melansir dari Independent, pengujian selanjutnya menunjukkan bahwa mereka juga menghentikan pembentukan dendrit lithium. Ini merupakan endapan berlumut yang menyerang elektrolit baterai.

Baterai super tersebut juga memiliki kepadatan daya 1.322 watt per kg dan kepadatan energi 943 watt per jam per kg.

"Kapasitas baterai ini luar biasa besar. Namun, kita dapat mengisi muatan mereka dari nol ke penuh hanya dalam lima menit," kata James Tour, ahli kimia yang terlibat dalam penelitian tersebut.

Tour juga menambahkan kalau komposit baru tersebut lebih sederhana dibanding penelitian sebelumnya yang menggunakan carbon nanotubes. Dan yang pasti, karbon turunan aspal jauh lebih murah untuk dibuat.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Essential Phone Ternyata Paling Sulit Diperbaiki
Artikel Selanjutnya
Resmi, Moto X4 Meluncur dengan Dua Kamera Utama dan Alexa