Sukses

Canggih, Jendela Pintar Ini Mampu Hasilkan Energi Listrik

Liputan6.com, Jakarta - Jendela pada rumah kita tidak hanya berfugsi agar sinar matahari dapat masuk, melainkan juga sebagai sirkulasi udara. Baru-baru ini, para peneliti di Belanda mengembangkan penemuan terbaru dari salah satu bagian rumah tersebut.

Mengutip dari laporan VOA, Kamis (5/10/2017), "Jendela Pintar" begitu sebutannya, diklaim dapat memanfatkan cahaya matahari untuk membantu menghasilkan tenaga listrik.

Jika dideskripsikan, kaca jendela seperti berwarna hijau transparan. Kaca jendela pintar juga dilapisi oleh lembaran plastik berisi molekul pewarna fluoresensi yang sangat terang. Mengutip Informasitips, Fluoresensi merupakan suatu proses karakteristik dari suatu molekul yang memiliki kemampuan untuk menyerap cahaya untuk kemudian dipancarkan kembali.

Jendela pintar untuk membantu menghasilkan tenaga listrik seperti  panel surya

Proses fluoresensi pada jendela pintar dibutuhkan untuk menghasilkan listrik. Cara kerjanya ialah saat kaca jendela diletakkan secara datar. Maka, flouresensi akan menyerap sinar surya mengarahkannya ke tepi kaca. Pada saat itu, proses penyerapan cahaya dapat digunakan untuk mendorong panel surya dalam menghasilkan energi listrik.

Penemuan jendela pintar bertujuan untuk menghasilkan listrik dari tanpa menggunakan panel surya silikon. Kegunaan lainnya yakni dapat memblokir masuknya sinar berbahaya dan radiasi panas ke dalam rumah. Kaca jendela juga bisa digunakan sebagai penghalang suara pada halte bus.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

Artikel Selanjutnya
Peneliti Kembangkan Teknologi WiFi 300 Kali Lebih Cepat
Artikel Selanjutnya
Ragam Cara Isi Energi di Mobil Listrik