Sukses

Lebih dari Sekadar Rongsokan, Vespa Rongsok Jalin Kebersamaan

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak mengenal motor Vespa? Jenis motor yang terkenal dari pabrik Piaggio asal Italia tersebut masih menarik banyak orang. Di Indonesia, motor Vespa pernah mengalami masa-masa popularitasnya pada tahun 60-an. Walaupun saat ini sudah bermunculan jenis-jenis  motor baru, namun penggemar dari motor Vespa masih tetap bertahan.

Salah satu bentuk bukti kesetiaan mereka, yakni dengan adanya komunitas vespa baru yang terbilang unik. Menurut hasil liputan dari Zoomin TV Indonesia, di Jakarta terdapat perkumpulan yang dinamakan 'Ekstrimis Vespa'.

Orang-orang yang bergabung dalam perkumpulan tersebut, berlomba memodifikasi motor vespa lama mereka agar semakin atraktif. Karena tak mampu membeli vespa baru, kelompok ini malahan berkreativitas menciptakan motor vespa dengan versi mereka sendiri.

Hasil modifikasi yang mereka lakukan disebut sebagai Vespa Rongsok. Umur vespa yang mereka modifikasi memang sudah tua, namun bukan berarti benar-benar rongsokan. Vespa rongsok atau vespa gembel justru punya daya tarik tersendiri.

Hasil modfikasi bisa bermacam-macam. Ada yang menambahkan tambahan bangku di samping, diberikan ornamen-ornamen khusus, adap ula yang mengganti body vespa dengan sebuah tong. 

Jika diiihat lebih dalam, modifikasi vespa rongsok bahkan menyerupai kendaraan-kendaraan yang ditampilkan dalam Film Mad Max. Saat kelompok ini berkendara bersama, tak jarang mereka mendapat perhatian dari banyak orang.

Sayangnya, kelompok motor ini seringkali mendapat pengawasan dari Polisi Lalu Lintas. Hal ini disebabkan mereka tidak mempunyai surat-surat resmi. Namun, dari vespa rongsok, solidaritas dan persaudaraan antar anggota kelompok justru terjalin dan semakin kuat.

(Aida)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Robot Transformer Beraksi di Lapangan Puputan Denpasar
Artikel Selanjutnya
Mengibarkan Semangat Kreatif di Menara Kibar