Sukses

Perang Tersingkat dalam Sejarah, Hanya 40 Menit Korbannya Ratusan

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan perang yang terjadi dalam sejarah dunia, terjadi selama bertahun-tahun. Sebut saja Perang Dunia I dan II.

Namun tahukah kamu, ada satu perang yang terjadi dalam waktu yang sangat singkat, tapi memakan korban sangat banyak. Perang tersebut yakni perang antara tentara Inggris dan Zanzibar.

Perang yang disebut Anglo-Zanzibar itu terjadi pada tanggal 27 Agustus 1896. Meski tak sampai sehari, alias hanya 40 menit, perang itu memakan korban hingga 500 orang.

Perang Anglo-Zanzibar tercatat dalam sejarah sebagai perang terpendek dalam sejarah peperangan dunia. Pemicunya sendiri sepele, yaitu pengangkatan Sultan Khalid bin Barghash setelah sultan sebelumnya mangkat.

Kala itu, Zanzibar merupakan jajahan Inggris. Sehingga, pergantian takhta haruslah dengan sepersetujuan pihak Inggris. Terlebih, hal tersebut telah tercantum dalam perjanjian yang ditandatangani tahun 1886.

Ketika pihak Inggris mengetahui Sultan Hamd bin Thuwaini mangkat dan digantikan Sultan Khalid tanpa persetujuan mereka, mereka pun muntab. Apalagi, Sultan Khalid tidaklah seperti Sultan Hamd yang pro Inggris.

Setelah naik takhta, Sultan Khalid justru menyuarakan kemerdekaan Zanzibar. Ketika diberi ultimatum, ia malah membarikade istananya dari serangan tentara Inggris. Makin murkalah pihak Inggris.

Pertempuran tak dapat dielakkan terjadi pada pagi 27 Agustus 1896. Inggris melancarkan serangan penuh ke Istana Zanzibar. Tentu saja, meski dipersenjatai oleh artileri, Sultan Khalid dan rakyatnya bukanlah lawan yang sepadan bagi Inggris.

Tak butuh waktu lama, Sultan Khalid bertekuk lutut pada Inggris. Sebanyak 500 rakyat Zanzibar tewas, sementara hanya satu prajurit Inggris yang cedera. Perang itu mungkin hanya berlangsung selama 40 menit, tapi menjadi akhir dari kesultanan Khalid di Zanzibar.

(Sul/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
6-9-1915: Untuk Pertama Kali Prototipe Tank Diproduksi
Artikel Selanjutnya
Top 3: Kisah 4 Pedang Paling Bersejarah