Sukses

Ini Alasan Potongan Cumi Bisa Menari Saat Disiram Kecap Asin

Liputan6.com, Jakarta - Makanan seafood seperti cumi-cumi memang menjadi salah satu yang difavoritkan banyak orang. Namun, apakah kamu pernah mencoba memakan cumi secara hidup-hidup?

Sebuah video dengan judul "Dancing Squid" baru-baru ini menjadi perbincangan viral pengguna jejaring sosial. Dalam video terlihat tentakel cumi-cumi dalam mangkuk makanan masih bisa bergerak-gerak seperti hidup ketika disiram dengan kecap. 

Melansir Huffington Post, Kamis (5/10/2017), fenomena tersebut dilatarbelakangi oleh kandungan sodium kloride pada garam ataupun kecap. "Pada kasus ini, walaupun sel otak mereka sudah mati tetapi bagian jaringan tubuh lainya masih dapat menerima respon stimulasi," kata Charles Grisham, Professor Kimia dari Universitas Virginia.

Karena bagian tubuh lainnya masih utuh, ketika mendapat senyawa sodium kloride jaringan sel akan menyerap kandungan tersebut. Lalu memberikan reaksi elektrik pada cumi-cumi. Itulah yang menyebabkan mereka masih bisa bergerak.

Walaupun terlihat cukup mengganggu, tapi bagi masyarakat Korea dan Jepang, pemandangan tersebut bukanlah hal yang aneh. Bahkan, bisa menjadi hidangan favorit untuk banyak orang di sana. Namun kamu perlu tahu bahwa makan cumi-cumi hidup bisa dibilang berbahaya, karena dapat menyebabkan tersedak dan mengakibatkan kematian. 

Nah, bagaimana. Apakah kamu masih tertarik mencoba?

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Artikel Selanjutnya
Menggoyang Lidah, Nikmatnya Soto Klethuk Khas Blora Patut Dicoba
Artikel Selanjutnya
3 Menu Sate Kambing Yang Lain Dari Biasanya, Yuk, Buat di Rumah!