Sukses

Surga Alkohol Hingga Toilet Canggih, Ini 5 Fakta Unik dari Jepang

Liputan6.com, Jakarta Membahas tentang Jepang memang selalu terdengar menarik. Negara dengan budaya unik serta kemajuan teknologinya merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari negeri sakura tersebut.

Jika, kamu ingin mengenal tentang Jepang, kamu perlu tahu  beberapa kebiasaan ini. Berikut merupakan lima hal yang kamu perlu tahui mengenai kebiasaan di Jepang, melansir video JapanesePod101, Jumat (6/10/2017).

1. Minum alkohol di tempat umum merupakan hal yang lumrah

Source: http://c8.alamy.com

Di Jepang tidak sedikit kedai-kedai restoran menyediakan minuman beralkohol. Kamu juga bisa menemukan beragam jenis minuman beralkohol pada mesin otomastis di sudut-sudut jalan Jepang. Namun, kamu harus berusia 20 tahun terlebih dahulu untuk minum alkohol di Jepang.

Mengutip Tofugu, walaupun minum alkohol di tempat manapun dapat diterima oleh masyarakat Jepang. Namun ada beberapa etika jika minum bersama orang lain. Misalnya saja saat Anda minum bersama rekan kerja, Anda tidak menuangkan minum untuk Anda sendiri melainkan kepada rekan minum Anda dan sebaliknya.

2. Kebersihan toilet merupakan hal yang penting

Source:http://portraitartistdebraderouen.us

Pernah lihat betapa canggihnya toilet Jepang? Toiletnya bisa berbicara, bisa mengeluarkan musik, sampai dengan membuat dudukan menjadi hangat. Bahkan toilet rancangan mereka, benar-benar mempertimbangkan segi privasi. Untuk menyiram pun Anda hanya perlu mendekatkan tangan dekat sensor khusus, tanpa perlu menyentuhnya. Teknologi toilet dibuat sangat canggih karena masyarakat Jepang sangat memikirkan kebersihan.

1 dari 2 halaman

3. Merokok juga merupakan hal yang normal

Jepang merupakan salah satu surganya para perokok sama halnya seperti di Indonesia. Harga rokok yang ditawarkan di sana juga terbilang murah. Namun, ada beberapa etika khusus yang perlu dituruti para perokok di Jepang.

Source: global.rakuten.com

Misalnya harus berada di tempat area merokok dan dilarang merokok sambil berjalan. Jika melanggar akan dikenakan denda sekitar 2000 sampai dengan 5000 yen, atau setara 200 ribu sampai dengan 500 ribu rupiah. Mini market di Jepang juga menyediakan asbak saku yang anti terbakar sehingga mudah dibawa kemana mana.

4.Tidak banyak tempat sampah

Source: uwstudyabroad.files.wordpress.com

Biasanya sepanjang jalan di Jepang tidak banyak tersedia tempat sampah. Namun kamu bisa menemukannnya di tempat-tempat umum seperti stasiun ataupun mini market. Walaupun begitu, kesadaran mereka untuk tidak membuang sampah sembarangan cukup tinggi. Mereka juga terbiasa untuk melakukan daur ulang.

5. Menggunakan masker

Source: welltempered.files.wordpress.com

Masker sendiri sudah menjadi barang yang tidak bisa dilupakan oleh masyarakat Jepang. Karena, antusias masyarakat sangat tinggi untuk menggunakan masker, beragam jenis dan produk masker pun diciptakan. Selain untuk tujuan kesehatan, menggunakan masker juga punya beberapa tujuan tertentu. Misalnya saat malas menggunakan make-up, bahkan memakai masker juga sudah menjadi tren fashion di sana.

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Seperti Otak Manusia, Makhluk Misterius Ini Bikin Heboh Ilmuwan
Artikel Selanjutnya
7 Hal Paling Aneh di Dunia Ada dalam Buku Misterius Ini