Sukses

8 Serangga Ini Melegenda Karena Ukuran dan Bisa Mereka

Liputan6.com, Jakarta - Di mana Anda dapat menemukan kumbang yang begitu kuat hingga bisa mematahkan pensil dengan capitnya? Atau laba-laba yang begitu besar hingga mampu memakan burung?

Serangga-serangga berikut ini namanya mahsyur sebagai yang terbesar, terkuat, dan terberat di dunia. Apa saja? Ini dia.

1. Laba-laba pemburu raksasa

Dianggap sebagai laba-laba terbesar di dunia, hewan ini memiliki rentang kaki yang dapat mencapai 30 sentimeter. Meski terlihat mengerikan dengan ukuran tubuhnya, racun dari laba-laba pemburu raksasa tak membahayakan manusia sehat.

Laba-laba dapat ditemukan di seluruh Asia, Australia, Amerika Selatan, dan sekitarnya, tapi spesies laba-laba pemburu raksasa hanya ditemukan di Laos, itu pun baru ditemukan pada tahun 2011.

2. Weta Raksasa

Dalam beberapa kasus, weta raksasa memiliki berat lebih dari seekor tikus. Ini membuatnya menjadi serangga terberat di dunia yang tak dapat melompat.

Hewan endemik Selandia Baru ini adalah satu dari 70 spesies weta di dunia. Weta raksasa uniknya memiliki telinga di lutut kaki depannya.

 

1 dari 4 halaman

3. Serangga air raksasa

Hewan ini kerap menggigit kaki nelayan di perairan. Mereka adalah yang terbesar dari tatanan serangga yang tak termasuk kumbang atau lalat. Di Asia, serangga ini justru dianggap lezat. Jadi jangan heran jika menemukannya di pasar makanan jalanan, terutama di Thailand.

4. Laba-laba kura-kura Goliath

Merupakan laba-laba terbesar di dunia dari massa dan ukuran tubuh yang dapat ditemukan di Amerika Selatan. Laba-laba ini disebut juga pemakan burung karena memang sering memangsa burung, meski favorit mereka merupakan kodok atau cacing tanah.

Tarantula ini memiliki taring yang penuh racun. Saat mengigit, efeknya pada manusia mirip sengatan tawon. Tak hanya itu, bila mereka menggosok perut dengan kaki belakang, rambut yang terlepas dari bagian tersebut dapat membuat mata dan hidung sakit selama berhari-hari.

 

2 dari 4 halaman

5. Ngengat Atlas

Ditemukan di Asia Tenggara dan Malaysia, ngengat besar ini memiliki lebar sayap hingga lebih dari 25 sentimeter. Jenisnya yang betina lebih besar dan lebih berat daripada yang jantan dan hidupnya lebih lama.

6. Kecoa Badak

Kecoa ini merupakan hewan asli Australia dan paling banyak ditemukan di Queensland. Meski berat mereka dapat mencapai 35 gram, tapi ukuran tubuh mereka tidak terlalu panjang.

Uniknya, hewan ini sering dijadikan hewan peliharaan karena pandai membusukkan daun. Kecoa raksasa dapat hidup sampai 10 tahun.

 

3 dari 4 halaman

7. Kumbang Goliat

Ditemukan di Afrika tropis atau subtropis, larva kumbang goliat adalah yang terberat di dunia dengan berat antara 80-100 gram. Namun, kumbang dewasa justru beratnya hanya setengahnya.

Kumbang goliat sering dijadikan hewan peliharaan. Makannya pun tidak rumit, cukup diberikan buah, getah, atau makanan anjing dan kucing.

8. Lebah raksasa Asia

Lebah ini merupakan yang terbesar di dunia. Panjang tubuh mereka dapat mencapai 4,5 sentimeter.

Hewan yang dapat ditemukan di Asia timur ini dikenal agresif. Di Jepang, 30-40 orang meninggal tiap tahun karena mengalami syok anafilaksis setelah disengat oleh serangga ini.

(Sul/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

    Artikel Selanjutnya
    Seperti Otak Manusia, Makhluk Misterius Ini Bikin Heboh Ilmuwan
    Artikel Selanjutnya
    Ingin Hewan Kesayangan Lebih Menurut, Ini Tipsnya