Sukses

Perbaiki Mood hingga Daya Ingat, Ini 4 Manfaat Tidur Siang

Tidur siang bukan berari tanda kamu malas. Ternyata tubuh kita juga memerlukan tidur siang agar kembali menjadi lebih bugar.

Liputan6.com, Jakarta - Tidur siang sering kali diasumsikan sebagai bentuk kemalasan. Padahal, lebih dari itu tidur siang baik untuk otak dan juga kesehatan. Berikut ini merupakan manfaat tidur siang yang justru dianjurkan setiap hari, melansir Bufferapp, Minggu (8/10/2017).

1. Meningkatkan daya ingat

Tidur siang dipercaya dapat meningkatkan daya ingat dan membantu pikiran menjadi fokus. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian dari German. Dimana partisipan dalam penelitian diuji untuk mengingat kartu-kartu tertentu. Dua kelompok dibagi, kelompok pertama harus melakukan tidur siang dan kelompok dua tidak disuruh untuk tidur siang. Hasil penelitian membuktikan bahwa kelompok partisipan lebih banyak mengingat kartu yang diujikan, dibandingkan dengan kelompok yang tidak tidur.

2. Menjernihkan pikiran

Selain daya ingat, pikiran jernih juga baik saat kita sedang belajar atau melakukan aktivitas apapun. Tidur siang bisa menjernihkan informasi pada bagian penyimpanan otak. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas California menjelaskan bahwa tidur merupakan salah suatu proses yang dapat membersihkan bagian penyimpanan otak jangka pendek. Sehingga memungkinkan adanya ruang baru untuk dapat menyerap informasi baru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Menghindari Kelelahan

Tidur siang ternyata juga dapat membantu otak untuk memperbaiki diri. Saat kita menerima banyak informasi hal ini dapat membuat otak kita merasa lelah. Disarankan untuk tidur siang selama 60 sampai dengan 90 menit. Hal ini dipercaya akan sama baiknya seperti tidur selama semalaman. Bahkan, tidur siang juga dipercaya dapat membantu kemampuan pengelihatan.

4. Membantu suasana hati 

Biasanya saat kita tidur buruk, kerap kali kita merasa kesulitan untuk tidur lagi. Sehingga pagi harinya membuat kita merasa lelah. Kamu hanya butuh waktu tidur siang selama 30 menit agar situasi tubuh kita menjadi baik kembali.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.