Sukses

Finalis CJA Gali Kemampuan Foto Kuliner yang Instagramable

Liputan6.com, Balikpapan Akhir pekan pertama Oktober ini menjadi saat keseruan bagi para finalis Citizen Journalist Academy (CJA) Energi Muda Pertamina Balikpapan. Mereka menggelar street photography, dalam rangkaian Community Meet-up Session 3 di Lapangan Merdeka.

Dalam kegiatan ini, CJA juga mengikuti tantangan foto dan video produk kuliner di kawasan tersebut. Dimulai pada pukul 07.30 Wita, bersama agenda car free day (CFD), finalis yang terbagi dalam tiga kelompok mulai beraksi. Setiap tim wajib membuat satu video semenarik mungkin, dengan ketentuan objeknya adalah kuliner dengan harga maksimal Rp 15 ribu. Mereka juga wajib mengunggah hasil foto kuliner tersebut ke akun media sosial.

Kegiatan dilanjutkan dengan sharing session, yang menghadirkan Hery Susanto, pemilik sekaligus pengelola akun Instagram @bpnfoodies, salah satu akun panduan kuliner di Kota Minyak. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh peserta untuk menerima gambaran seputar kiat mengabadikan produk kuliner agar semakin menarik dilihat.

Dalam tantangan yang diikuti para finalis, Hery pun sekaligus bertindak sebagai juri. Aspek yang menjadi pertimbangan, antara lain teknik pengambilan foto dan video objek, komposisi gambar, hingga hal detail seperti tone warna.

“Penting untuk fokus sama makanan atau minuman yang ditonjolkan. Perhatikan juga framing agar tampilannya pas,” ujar Hery.

Pria berkacamata itu juga mengingatkan pentingnya proses editing sebelum foto diunggah. Terkait hal ini, Hery menyebut jika setiap orang punya taste masing-masing.

“Ada yang agak hangat tone warnanya. Ada yang agak kontras dan lain-lain. Bebas sih,” tutur Hery.

Pemilihan latar yang tepat juga kunci agar hasil foto menarik. Jangan terlalu ramai sehingga fokus foto tetap pada objek makanan atau minuman. Pastikan warna latar tidak senada dengan objek foto. Sisi pengambilan gambar juga perlu diperhatikan.

“Jika menggunakan handphone, angle pengambilan gambar paling aman, yakni dari atas,” terang Hery. “Fokus sih yang penting. Momen juga. Misal, sewaktu penjual menuang susu di atas es campur, atau saat memotong martabak,” lanjutnya.

Gampang-gampang susah mengabadikan kuliner lewat foto. Ukuran keberhasilannya adalah dari efek yang ditimbulkan setelah orang melihat foto tersebut. Apakah menimbulkan kesan menggiurkan atau sekadar menjadi foto biasa.

Penulis:

Raden Roro Mira Budiasih – Universitas Mulawarman

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com dan Indosiar bekerja sama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Jago Beatbox dan Acapella, Aksi Prajurit TNI Bikin Kagum
Artikel Selanjutnya
7 Desain Barcode Paling Kreatif yang Jarang Kamu Temukan