Sukses

Dari Pelosok Sumatera Utara, Eloardo Aruan Berjuang Gapai Mimpi

Liputan6.com, Jakarta Eloardo Aruan atau sering dipanggil Elo adalah anak ke 4 dari pasangan suami istri P.Aruan dan T. Sianturi. Kedua orangtuanya bekerja sebagai buruh tani di desa Parbeokan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Sejak kecil sudah terbiasa bekerja keras, dituntut karena kondisi ekonomi keluarga yang sangat memprihatinkan. 

Menjadi juara kelas di sekolah sudah menjadi langganannya. Kegigihannya, semangat dan doa orangtuanya telah mengantarkannya mencapai banyak prestasi. Ia bahkan akhirnya bisa duduk di bangku PTN ternama sekelas Universitas Diponegoro, jurusan Teknik Sipil angkatan 2013, tentu dengan bantuan Beasiswa Miskin Berprestasi (BIDIKMISI) oleh Pemerintah Indonesia.

Bukan hal yang mudah baginya dalam menempuh studi tersebut, namun dia memiliki tekad bahwa suskes adalah bagiannya juga, sejak kecil dia sudah bermimpi untuk menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri dan membawa nama Indonesia di tingkat Internasional.

Memang benar kata pepatah “Gantungkanlah cita-cita mu setinggi langit”, itu jugalah yang diterapkan Elo. Dia berani bermimpi besar untuk melanjutkan studinya, dia tak takut keuangan orangtuanya akan menghalanginya untuk mendapatkan mimpinya, dia selalu belajar dan bekerja keras, dia sangat bersemangat akan hal–hal yang besar. Itulah yang menjadikan Elo berbeda dari anak desa lainnya.

Dan mimpi itu pun kini menjadi nyata, berprestasi semenjak SD hingga SMA telah mengantarkannya untuk duduk di bangku PTN, bahkan mahasiswa miskin ini pernah menjadi duta Indonesia dalam pertukaran mahasiswa di Thailand dari AIESEC Undip.

Sungguh menjadi hal yang sangat luar biasa, seorang desa anak petani miskin di pelosok Sumatera Utara, kini berhasil menggapai mimpi-mimpinya. Bukan dengan hal yang mudah,namun semangat, sadar diri, dan berdoa kepada Tuhan adalah kuncinya. Jangan minder, karena semua manusia memiliki hak yang sama, libas mereka yang meremehkanmu dengan prestasi gemilang yang diluar jangkauan orang-orang.

 

Penulis:

Eloardo Aruan - Universitas Diponegoro

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Semarang

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Lolak, Karateka Anak Petani Jadi Ikon Prestasi Indonesia
Artikel Selanjutnya
Menanti Fajar di Muara Bersejarah Kota Bengkulu