Sukses

Dekati Hiu yang Tengah Berburu, Penyelam Nyaris Diterkam

Liputan6.com, Jakarta - Seorang penyelam, Timothy van Beelen, berhasil mengabadikan momen saat seekor kura-kura mencoba melarikan diri dari mulut hiu harimau di Coral Bay, Australia Barat. Timothy akhirnya mengunggah video yang menunjukkan kejadian alam tersebut di Facebooknya.

Dari keterangan video tersebut, Tim menuliskan bahwa dia telah menghalangi hiu harimau itu saat akan menyantap makanannya. Dirinya pun menambahkan bahwa dia harus jaga jarak agar tidak mengganggu alam.

Dalam video yang berdurasi dua menit 16 detik tersebut, terlihat bahwa kura-kura itu berhasil lolos dari mulut hiu harimau. Tidak disangka, setelah melepaskan kura-kura tersebut, sang hiu malah langsung berenang menuju arah Timothy, sepertinya kamera yang dipegang Timothy berhasil mengalihkan perhatian hiu dari kura-kura.

Namun, tidak seperti film-film pada umumnya ketika hiu langsung menyerang manusia, hiu tersebut malah langsung berbalik arah setelah berenang menuju Timothy dan tidak menyakitinya. Terdengar pula Timothy yang berteriak setelah hiu tersebut menjauh. Akhirnya, hiu itu seakan-akan menghiraukan keberadaan Timothy dan pergi menjauh.

"Ini bukan serangan, itu hanya peringatan untuk menjauh dari makanannya. Kamu bisa melihat betapa pelannya hiu itu berenang, dan bahkan dia tidak berusaha menggigitku. Jika dia menginginkanku, dia pasti sudah mendapatkannya," tulis Tim dalam keterangan video yang diunggahnya.

Tim pun memberitahu pada warganet bahwa jangan terlalu membenci hiu dan harus menghormati hewan tersebut, sebab, bagi dirinya terlalu banyak berita buruk tentang hiu. Menurut Tim, informasi tersebut terkadang berasal dari orang-orang yang tidak mengerti keadaan yang sedang terjadi dan mungkin belum pernah menyelam ke laut dan bertemu hiu.

Bagi Tim, pengalamannya tersebut memberikan perspektif baru tentang hiu harimau selama ini, karena pada umumnya, hiu sangat tenang dan menghindari kontak dengan manusia.

Penulis:

Meidiana Triani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: