Sukses

Enduro Student Program, Cara Pertamina Kurangi Angka Pengangguran

Liputan6.com, Jakarta Indonesia Business and Development Expo 2017 kembali hadir dengan tema “Sinergi Indonesia Hebat”. Acara yang berlangsung pada 20-23 September 2017 ini berlokasi di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

PT Pertamina (Persero) sebagai salah satu BUMN turut menunjukkan giginya. Tak sekadar pameran dan promosi, perusahaan ini melakukan interaksi secara langsung kepada masyarakat. Terutama kepada mereka yang ingin mengetahui kontribusi, program-program, dan produk-produk Pertamina.

Salah satu program yang dikenalkan Pertamina adalah Enduro Student Program (ESP) yang dicanangkan Pertamina Lubricants. Program ini berisi pelatihan dan magang secara gratis selama 50 hari kepada murid SMK berprestasi yang terpilih.

Murid-murid akan diajarkan bagaimana cara mengelola keuangan di bengkel, melayani pelanggan, trik penjualan, dan sebagainya. Kini, pelatihan dilaksanakan di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Cilacap dan Bengkel Mitra binaan Pertamina Lubricants.

Kota Cilacap dipilih sebagai kota binaan karena angka pengangguran lulusan SMK-nya sangat tinggi. Oleh karena itu, Pertamina Lubricants ingin meminimalkan angka tersebut. Nantinya, murid yang mendapat nilai tinggi dalam pelatihan akan diberi modal untuk membuka usaha bengkel sendiri.

“Sejauh ini, sudah ada lima bengkel hasil murid didikan yang berdiri sendiri. Dari mulai pendapatan mereka Rp 0 hingga Rp 500.000,00 itu sudah luar biasa bagi kami. Mereka bisa membantu orang tuanya yang kebanyakan bermata pencaharian nelayan, petani, dan buruh,” ungkap Asri Nur Aini selaku Community Development Officer Pertamina Lubrications Productions Unit Cilacap.

Sinergi Pertamina untuk Cilacap diharapkan dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat. Selain itu, dapat membangunkan semangat generasi muda untuk belajar, berusaha, dan berkarya untuk Indonesia.

 

Penulis:

Ade Rachma Unzilla - Politeknik Negeri Jakarta

Finalis Citizen Journalist Academy- Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Pertamina Beri Kejutan ke Pelanggan Pertamax Cs di 52 SPBU
Artikel Selanjutnya
Konsumsi Premium di Kalimantan Kian Tergerus