Sukses

LNG Inovasi Pertamina untuk Kemajuan Bangsa

Liputan6.com, Jakarta Indonesia Business and Development Expo (IBDExpo) kembali digelar oleh kementerian BUMN di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta Pusat. Acara yang mengangkat tema Sinergi Indonesia Hebat ini diadakan selama empat hari mulai dari 20-23 September 2017. Sekitar 700 booth BUMN dan delegasi bisnis negara lain turut serta dalam kegiatan tersebut. Salah satunya Pertamina.

Pertamina turut serta menampilkan perkembangan serta inovasi bisnis di bidang energi. Salah satu yang mencuri perhatian adalah LNG (Liquified Natural Gas). LNG merupakan gas alam yang dicairkan dengan komposisi yang didominasi Methana, yang biasanya digunakan sebagai bahan bakar industri, seperti pembangkit listrik, bahan bakar kendaraan, serta pembuatan pupuk.

Salah satu industri yang bekerja sama dengan Pertamina dalam pemanfataan LNG adalah PT. KAI. Beberapa waktu lalu, dua perusahaan besar ini menjalankan uji coba penggunaan LNG sebagai bahan bakar kereta api di Balai Yasa Yogyakarta, dan merupakan yang pertama di Asia.

Keunggulan LNG dalam perekonomian sangatlah besar. Sebab materi LNG sangat mudah disimpan dan hanya membutuhkan sedikit ruang untuk kapasitas energi yang besar, sehingga lebih efisien dalam proses distribusi.

Irfan Fauzi selaku Assisten Manager Technical Support PT. Pertamina mengungkapkan bahwa inovasi akan terus dikembangkan oleh Pertamina.

"Ke depannya Pertamina akan terus mengeluarkan inovasi baru demi kemajuan bangsa Indonesia,” tutupnya seusai mempresentasikan LNG di Booth Pertamina.

 

Penulis:

Latif Munawar - Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Finalis Citizen Journalist Academy- Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Artikel Selanjutnya
Indonesia Dukung Komitmen ASEAN Meningkatkan K3
Artikel Selanjutnya
Indonesia Dorong ASEAN Tingkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja