Sukses

Pertamina Bantu UKM Binaan di IBDexpo

Liputan6.com, Jakarta Pertamina turut unjuk gigi di acara Indonesia Business and Development Expo (IBDExpo). Ajang tahunan ini diselenggarakan di Jakarta Convention Center selama empat hari, mulai dari 20-23 September 2017, dengan tema "Sinergi Indonesia Hebat".

Sebagai salah satu BUMN di bidang energi, Pertamina menampilkan perkembangan dan pencapaian bisnisnya, di antara 118 BUMN lain. Namun, di booth Pertamina yang berkaitan dengan energi ada satu hal unik sekaligus berbeda haluan.

Di dalam booth Pertamina terdapat ruang yang memamerkan batik, dari mulai baju, kain, tas, dan juga pernak-pernik. Nyatanya, Pertamina punya kegiatan corporate social responsibility.

Salah satunya untuk membantu usaha kecil menengah (UKM). Batik menjadi salah satu mitra binaan Pertamina. Pada mitra binaan itu, Pertamina tidak hanya membantu sisi permodalan, tapi juga pada sisi promosi dan pemasaran.

“Kalau ada pameran, kita bawa mereka untuk berjualan secara langsung. Mereka juga dapat untung dan supaya mereka melihat ke tempat-tempat yang lain. Belajar dari mitra-mitra yang lain,” jelas Murti Dewi Hani selaku CSR Corporation Manager.

Batik yang dibawa ke dalam booth Pertamina kali ini adalah batik milik mitra binaan dari Cirebon. Sebetulnya mitra binaan Pertamina tidak hanya dari Jawa, tapi juga seluruh Indonesia. Masing-masing area mempunyai pembina dari Pertamina. Hal ini bertujuan untuk mengawasi perkembangan dari mitra binaan. Jadi, apa yang menjadi kekurangan dan keperluan akan dibantu.

Pertamina membebaskan biaya untuk mitra binaan yang ikut pameran. Seperti disediakan ruang untuk berjualan, transportasi, akomodasi semua bebas biaya, dan keuntungan pun untuk mitra binaan itu sendiri. Murti Dewi Hani menyampaikan harapan Pertamina untuk para binaan mitra supaya menjadi lebih mandiri dan bisa menyebarkan semangat wirausaha.

“Dari Pertamina sendiri, kalau untuk CSR harapan utama bagi perusahaan adalah kemandirian dari mitra binaan kita. Jadi, suatu saat mereka sudah tidak bergantung lagi, mereka bisa hidup sendiri, dan diharapkan bisa menularkan semangat entrepreneur itu ke lingkungan sekitar mereka,” pungkas dia.

 

Penulis:

Irishta Tamzil - Binus University

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Pertamina Beri Kejutan ke Pelanggan Pertamax Cs di 52 SPBU
Artikel Selanjutnya
Pertamina Tanggung Kesehatan Mekanik Bengkel Binaan