Sukses

Fotografer Dunia Klavdij Sluban Gelar Seminar Foto di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Walaupun bukan pertama kalinya ke Indonesia, Klavdij Sluban justru merasa senang untuk kembali ke sini. Dalam acara Meet & Greet di Institut Prancis Indonesia, Jakarta pada Rabu (11/10/2017), fotografer terkenal asal Perancis tersebut mengungkapkan betapa senang dirinya ketika pertama kali melihat Monumen Nasional di Jakarta.

Kedatangan Klavdij Sluban ke Indonesia ialah untuk menyelenggarakan seminar fotografinya. Tentunya di kalangan pencinta fotografi, kedatangan pria ini mendapat antusias yang hangat. Tujuan penyelenggaraan acara ini juga sebagai wadah untuk pertukaran inspirasi sebagai kerja sama antara Indonesia dan Prancis dalam bidang kebudayaan.

Dalam seminarnya, Sluban menceritakan tentang konsep dalam hasil karya fotonya. Dirinya juga membahas tentang perspektif seni foto serta nilai-nilai kebebasan dari sudut pandangnya. Acara dalam seminar menunjukkan sejumlah fotografi dokumenter yang ia buat di beberapa negara.

Salah satu karya foto Klavdij Sluban di Balkans-Transit  Credits: Klavdij Sluban via gallery-arlesworkshops.com

Salah satunya seperti dokumenter tentang fotografi perjalanannya di Balkans-Transit sampai dengan foto dokumenter saat dirinya menjalani residensi di vila Kujoyama Kyoto, Jepang. Sluban juga sempat memutar film dokumenter mengenai sanggar seni fotografi yang ia buat di penjara anak-anak Fleury Merogis, Perancis.

Salah satu hasil foto Klavdij Sluban pada program residensi di Kyoto Jepang, Credits: Klavdij Sluban via otsukisamag.files.wordpress.com

Konsep fotonya sendiri lebih banyak bertajuk Human Interest dan fotografi jalanan. Sluban terkenal sebagai fotografer yang menaruh minat besar terhadap penjara anak-anak. Di acara seminar, Sluban sempat mengungkapkan ketertarikannya untuk melihat dan membuat proyek pada penjara anak-anak di Indonesia.

Karya foto Klavdij Sluban di penjara Fleury Merogis,Essonne, Prancis  Credits: Klavdij Sluban via en.museeniepce.com

Acara seminar fotografi Klavdij Sluban tidak hanya hadir di IFI Jakarta saja. Daerah selanjutnya yang akan didatangi Sluban adalah Yogyakarta pada tanggal 13 Oktober dan Bandung di tanggal 19 Oktober 2017.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini: