Sukses

Tips Liputan Menarik dari CJA Classroom Tour Balikpapan

Finalis CJA Balikpapan pelajari pemilihan konten kreatif dan kelengkapan gambar.

Liputan6.com, Balikpapan Danny Maulana dan Ryan Wiedaryanto hadir langsung saat Coaching Classroom Tour, Rabu (27/9/2017). Bertempat di Art Gallery Dekranasda Balikpapan, Danny selaku coach videography memulai sesinya. Kelengkapan gambar dan alur cerita jadi bahasan. Sedangkan Ryan, fokus pada ide cerita liputan dan pembawaan reporter lapangan.

Perlu diketahui sebelumnya, finalis Citizen Journalist Academy (CJA) Balikpapan khususnya bidang videographer dan news presenting ditugaskan membuat liputan kearifan lokal atau local wisdom. Dalam kesempatan coaching hari itu, hasil karya finalis dibedah.

“Gambar yang lengkap itu penting. Kemudian jangan sampai jumping atau tiba-tiba loncat, pemirsa bisa bingung,” terang Danny.

Teknik pengambilan angle gambar serta kesinambungan antara voice over turut diulas.

“Kalau menjelaskan tentang pengunjung, gambarnya juga harus ada pengunjungnya,” lanjut dia.

Beberapa karya liputan tim Balikpapan dinilai Danny sudah cukup bagus. Hal tersebut dilihat dari kelengkapan gambar. Namun dirinya memberi catatan berupa kualitas gambar.

“Jangan blur dan perhatikan cahaya, jangan goyang-goyang, penting untuk menggunakan alat bantu seperti tripod.”

Disusul pemaparan Ryan dari sisi konten liputan. Terdapat sembilan video liputan dan hampir semuanya memiliki sisi menarik untuk ditayangkan di program Fokus Pagi Indosiar.

“Tapi dengan beberapa catatan. Pikirkan tema liputan yang orang lain tidak memikirkan. Liputan yang biasa bisa jadi luar biasa,” pesan Ryan.

Dia juga menambahkan agar pembawaan reporter harus luwes. Jangan ciptakan jarak di layar kaca. Hal senada disampaikan Danny, reporter tidak hanya sekadar muncul. Namun harus bisa membawa pemirsa tidak beranjak dari tempatnya. Miliki pula gaya khas yang membuat penonton di rumah hapal, siapa yang menjadi reporter.

Sesi bedah liputan yang dimulakan sejak pukul 10.00 Wita berakhir sekira pukul 13.00 Wita. Antusiasme 27 finalis yang hadir terlihat dari sesi tanya jawab interaktif.

Tidak hanya bedah liputan video, hadir pula Azwar Anas selaku Editor kanal Regional Liputan6.com. Azwar memberi pemaparan singkat mengenai online journalism bersama Nur Rahman, regional mentor jurnalistik Balikpapan.

Pembina pusat yakni Head of Community Liputan6.com Sulistyo Hadi juga memberikan materi seputar public relations. Pada akhir coaching, seluruh finalis dibekali pemahaman tentang perilaku dan semangat belajar.

 

Penulis:

Raden Roro Mira Budiasih - Universitas Mulawarman

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.