Sukses

Lakukan 6 Langkah Ini Saat Serangan Jantung Menghampiri

Liputan6.com, Jakarta - Kasus kematian karena serangan jantung memang terbilang tak sedikit. Hal ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Tersumbatnya aliran darah dapat menghentikan asupan oksigen ke dalam jantung. Jika terlambat ditangani, dapat berujung hilangnya nyawa.

Melansir video Seen Everything, Sabtu (14/10/2017) gejala awal biasanya terdapat rasa sakit pada bagian dada. Selain itu, rasa sakitnya bisa menyebar ke bagian bahu, rahang sampai dengan bagian tengah punggung. Lama kelamaan korban akan kehilangan kesadaran. Ini tindakan yang harus dilakukan saat terjadi serangan jantung.

1. Panggil ambulans

Source: http://www.birosgb.com/wp-content/uploads/2016/04/ambulans-araci-hizmeti.jpg

Saat seseorang merasa mengalami gejala serangan jantung. Maka langsung lakukan panggilan nomor darurat dengan segera. Sehingga korban dapat dengan cepat dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan medis. Tindakan yang cepat dapat menyelamatakan nyawa seseorang.

2. Berusaha untuk duduk atau berposisi setengah duduk

Source: cdn.images.express.co.uk

Pada tahap awal mengalami serangan jantung, biasanya tahap ini masih memungkinkan serangannya belum menjadi bertambah parah. Biasanya korban disuruh untuk duduk. Kaki korban harus sedikit ditekuk membentuk 90 derajat supaya mendorong sirkulasi darah agar menjadi lebih baik.

 

 

1 dari 3 halaman

3. Lepaskan atau renggangkan baju yang ketat

 

5 Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung

Salah satu hal yang terpenting saat kondisi ini yaitu melepaskan banyak bagian ketat dalam tubuh. Tujuannya untuk menghilangkan tekanan ke arah jantung.

4. Berusaha untuk menghirup napas secara dalam dan berirama

Menghirup napas (Foto: naturalawakeningsmag.com)

Saat bernapas secara dalam, hal ini dapat memberikan oksigen lebih banyak kepada dalam paru-paru. Tindakan ini juga dapat menenangkan kondisi korban.

 

2 dari 3 halaman

5. Kunyah 300 miligram tablet aspirin

Bisakah Mengatasi Stroke dengan Aspirin?

Timbunan kolestrol merupakan faktor yang menghambat aliran darah. Platet darah yang menggumpal semakin lama menyempit arteri dan menghalangi aliran darah. Inilah sebabnya terjadi serangan jantung. Peran aspirin ialah menghambat penggumpalan dalam darah serta digunakan untuk meredakan nyeri.

6. Ambil satu tablet nitroglycerin lalu tempatkan pada bagian bawah lidah

Source: http://image.ecplaza.com

Selain aspirin, nitroglycerin juga bisa digunakan saat terjadi serangan jantung. Fungsi nitrogliserin dapat digunakan untuk mengobati nyeri pada dada. Fungsi obat ini adalah memperlebar diameter pada pembuluh darah, sehingga darah bisa kembali lancar. Namun, jika rasa sakitnya pada jantung tidak menghilang juga, ambil kembali tablet nitroglycerin untuk 15 menit berikutnya.

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Agar Tak Seperti Justin Bieber, Ini Cara Hindari Testis Bengkak
Artikel Selanjutnya
Trik Cerdas Tidur Lebih Cepat Ketika Stres