Sukses

Ciptakan Menara Eiffel Tiruan, Tiongkok Jadi Olok-Olok Warganet

Liputan6.com, Jakarta Bukan negara Tiongkok namanya jika tidak selalu mengundang keheranan banyak orang. Di Tiongkok sendiri, barang-barang tiruan sudah bukan menjadi hal aneh. Bahkan, karena sudah terlalu biasa, bangunan kenamaan dari negara lain juga ikut ditiru.

Di daerah timur Kota Hangzhou, Tiongkok, terdapat permukiman yang bernama Tianducheng. Permukiman ini dibuat semirip mungkin seperti Kota Paris. Di sana bahkan sampai terdapat Menara Eiffel sungguhan sebagai ikon Kota Paris walaupun tidak setinggi aslinya.

Source: http://i.dailymail.co.uk

"Aku tinggal di sini karena sangat-sangat murah, lingkungannya juga bagus untuk anak-anak," ujar Rachel Ni dalam laporan ABC News, Jumat (13/10/2017). Arsitektur bangunan mungkin hampir serupa, tapi penampakan sekitar tidaklah sehidup tempat aslinya di Paris.

Source: cnn.com

Permukiman apartemen justru sepi, tapi banyak jemuran bergantung. Selain itu, pemandangan pohon dan air mancur juga kering. Ni yang diwawancarai justru berpendapat bahwa dirinya menganggap permukiman tempat tinggalnya tidak keren seperti negara aslinya.

Source: ABC News

"Tidak ada orang yang berpikir ini keren. Dan beberapa orang berpikir bahwa seharusnya Menara Eiffel ini dihilangkan saja karena palsu," jawab Ni saat ditanya mengenai Menara Eiffel di permukiman rumahnya.

Source: scmp.com

Tidak hanya daerah Tianducheng yang meniru bangunan di negara lain. Daerah Suzhou dikenal menduplikasi banyak jembatan-jembatan di beberapa negara seperti Tower Bridge di Inggris serta Jembatan Sydney Harbour di Australia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Duplikasi Rumah

Selain itu, banyak pengembang sengaja menduplikasi rumah-rumah di luar negeri. Salah satunya, seperti model Jacson Hole, yang sangat laku di Tiongkok.

Fenomena duplikasi kota ini disebut sebagai duplitecture. Fenomena ini muncul sejak kehidupan ekonomi di Tiongkok sedang berada dalam puncaknya. Banyak orang ingin menunjukkan tingkat kesuskesan mereka dengan rumah-rumah baru dari negara luar. Biasanya mereka memilih jenis rumah dari negara yang punya pengaruh besar serta kekayaan.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.