Sukses

Letusan Krakatau Ada di Balik Rahasia Lukisan Terkenal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Ikon terkenal di dunia, beberapa karya seni, dan arsitektur terkenal lainnya memiliki rahasia-rahasia yang menarik untuk diungkap. Misteri tersebut tak banyak diketahui oleh orang. Hm, apa saja contohnya? Ini dia.

1. Lukisan The Scream

Sebagai salah satu ikon lukisan terkenal, tak banyak yang tahu rahasia di balik lukisan The Scream karya Edvard Munch ini. Dalam buku hariannya, seniman itu menulis: "... tiba-tiba langit menjadi merah darah; aku berhenti, merasa lelah, dan bersandar pada pagar, melihat darah, dan lidah api di fjord hitam kebiruan dan sebuah kota ..."

Pada tahun 2003, sekelompok ahli mengungkap rahasia di balik lukisan tersebut. Menurut mereka, warna merah terang yang menjadi latar langit di lukisan tersebut menggambarkan situasi saat gunung berapi Krakatau meletus pada tahun 1883.

Pada saat itu, sejumlah besar debu vulkanik terlempar ke atmosfer. Debu tersebut menutupi langit selama beberapa tahun berikutnya dan menjadikan langit karena matahari terbenam seperti berwarna merah terang.

2. Jembatan Golden Gate

Jembatan ini merupakan salah satu ikon yang paling banyak difoto. Butuh waktu lama sampai pembangunannya disetujui.

Awalnya, Angkatan Laut Amerika Serikat menginginkan jembatan ini dicat dengan garis hitam dan kuning agar terlihat di dalam kabut. Pada akhirnya, arsitek jembatan tersebut, Irving Morrow, berhasil meyakinkan pihak militer untuk mengecatnya dengan warna oranye gelap. Ini untuk memastikan jembatan itu terlihat dalam semua cuaca dan memberikan tampilan yang atraktif.

 

1 dari 3 halaman

3. Menara Miring Pisa

Menara yang terkenal ini memiliki banyak rahasia. Tak ada yang tahu siapa sebenarnya yang membangun menara lonceng untuk katedral Pisa yang kemudian lebih terkenal sebagai menara miring itu.

Salah satu alasannya adalah karena kenyataannya bangunan itu dibangun selama hampir 200 tahun. Sejarawan terbiasa mengasumsikan rencana pembangunan dikembangkan oleh Bonanno Pizano, namun kandidat yang lebih mungkin Diotisalvi, yang merancang katendral yang dibangung dengan gaya yang sama.

4. Patung Liberty

Patung ini diberikan pada Amerika Serikat oleh rakyat Perancis untuk menghormati peringatan 100 tahun Revolusi Amerika. Di kaki patung tersebut terdapat rantai pecah yang sering diabaikan oleh para turis. Padahal rantai yang terlepas itu sebenarnya melambangkan kebebasan, demokrasi, dan pencabutan perbudakan.

2 dari 3 halaman

5. Monumen di Gunung Rushmore

Selama pembangunan monumen terkenal yang menggambarkan wajah beberapa presiden Amerika Serikat ini, sang arsitek, Gutzon Borglum ingin membuat sebuah aula di dalam tebing. Aula tersebut akan menjadi ruang rahasia di mana generasi masa depan akan menemukan catatan dan informasi mendasar tentang sejarah Amerika Serikat.

6. Sphinx

Sphinx Agung Giza merupakan patung tertua di dunia. Awalnya, ikon terkenal ini dihiasi dengan cat terang yang masih tersisa di belakang salah satu telinganya. Sphinx juga memiliki hidung dan jenggot. Sisa-sisa ini dapat dilihat di museum-museum Inggris dan Mesir.

Beberapa ahli percaya bahwa Sphinx awalnya memiliki kepala anjing dan badan singa. Wajah manusia baru diukir kemudian menggantikannya entah dengan alasan apa. Ini yang menjelaskan perbedaan besar antara proporsi tubuh raksasanya dan kepalanya yang kecil.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
7 Fenomena Alam yang Belum Dapat Dijelaskan
Artikel Selanjutnya
Top 3: Kemukus Saat Soekarno Lahir, Latte Art ala Barista Tampan