Sukses

5 Tanda Depresi yang Tak Diketahui Banyak Orang, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Depresi menghampiri setiap orang namun tidak banyak yang menyadari hal tersebut. Walaupun begitu nyatanya depresi bisa diketahui dari beberapa tingkah laku yang berubah.

Berikut ini merupakan lima tanda depresi yang tidak diketahui oleh banyak orang, melansir Heal Your Mind, Minggu (15/10/2017)

1. Memendam emosi

Source: http://loversden.co

Biasanya kita sering kali memandam emosi yang semakin lama semakin bertumpuk dan memicu depresi tanpa disadari. Hal ini terjadi saat kita merasa yakin bahwa diri kita baik-baik saja. Padahal sebetulnya diri kita benar-benar letih dan sungguh-sungguh kehilangan arah.

2. Lebih mudah marah

8 Cara Ini Efektif untuk Meredam Emosi

Tanda depresi yang sering kali tidak kita sadari adalah mudah marah dengan hal-hal yang sepele. Pada saat seperti ini, kita biasanya menyerang seseorang atau mengkritik mereka untuk melampiaskan rasa marah kita kepada orang-orang terdekat.

3. Berusaha menyembuhkan diri

 

Source: http://sarcasm.co

Dalam hal ini upaya yang kita lakukan adalah mengambil obat-obatan tanpa menggunakan resep khusus dari dokter. Tindakan ini disebabkan karena kita berusaha berpikir kita sedang dihadapkan masalah dan mencari jalan keluar dari masalah tersebut. Sayangnya cara ini bukan jalan keluar yang baik dan jika diabaikan bisa menjadi kecanduan. Dampaknya bisa berakibat fatal bagi tubuh.

1 dari 2 halaman

4. Makan apapun yang terlihat di matamu

Salah satu tingkah laku yang menandakan depresi adalah makan berlebihan. Saat melihat makanan apapun dan merasa sudah kenyang sekalipun kita masih akan melahapnya. Hal inidisebabkan karena kita berusaha untuk menelan perasaan yang ada dalam diri kita bersama dengan makanan untuk menghilangkannya. Namun jika berlebihan hal ini dapat berdampak pada kesehatan sepeti munculnya obesitas, penyakit jantung dan diabetes.

5. Menangis tanpa alasan

Source: s3.amazonaws.com

Hal ini terjadi karena adanya kandungan senyawa pada otak yang tidak seimbang. Sehingga dapat mempengaruhi emosi kita sampai menangis tanpa alasan tertentu. Biasanya hal ini dipicu karena rasa cemas dan stres yang kedua kondisi tersebut punya kaitan dengan depresi.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Tuntutan Pegawai BNN Tewas ke Suami Cermin Masyarakat Konsumtif?
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Sering Terjadinya Perselingkuhan dalam Pernikahan