Sukses

Pemuda Ini Kumpulkan Pengalaman Demi Wujudkan Cita-Cita

Rifky Maulana yang senang mengeksplor diri, temukan CJA untuk bantu gapai mimpi.

Liputan6.com, Balikpapan Muhammad Rifky Maulana, laki-laki kelahiran Kota Seribu Sungai Kalimantan Selatan, Banjarmasin, berpindah ke Balikpapan untuk melanjutkan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selepas dari masa SMP, Rifky kemudian melanjutkan pendidikannya di salah satu SMA Negeri terfavorit di Balikpapan. Tak puas dengan pengalaman yang sudah ia dapat, Rifky kemudian mengeksplor kemampuan dirinya dengan mendaftarkan diri sebagai anggota OSIS.

Tidak sampai disitu saja, Rifky kemudian terpilih untuk menjabat sebagai Wakil Ketua Umum di organisasinya tersebut. Pengalaman Rifky kemudian juga bertambah ketika bergabung dalam kepanitiaan Pentas Seni (PENSI) sekolahnya, sebagai LO Artis dan HUMAS. Saat melanjutkan pendidikannya ke dunia perkuliahan, Rifky pun berkecimpung di dunia hiburan sebagai MC, untuk mengisi waktunya di sela kesibukan perkuliahan.

Berbagai kegiatan yang Rifky ikuti dan kemudian menjadi pengalaman-pengalaman yang sangat beragam, membuat Rifky mulai menemukan passion dalam dirinya. Hal itu juga akhirnya membuat Rifky ingin mendekatkan diri pada passion-nya tersebut.

Kecintaan Rifky terhadap media sosial Instagram mempertemukan dirinya dengan fanpage Balikpapanku, yang pada saat itu membagikan informasi tentang Citizen Journalist Academy (CJA). Karena penasaran, Rifky kemudian mengikuti akun @campuscj6 dan mendapatakan informasi lengkap tentang CJA. Kemudian ia mendaftarkan diri dengan mengirimkan CV dan menyertakan bidang Presenting sebagai minatnya.

Disinilah cerita Dream Come True Rifky dimulai. Tahapan-tahapan audisi yang dilalui dengan penuh perjuangan akhirnya membawa Rifky lolos seleksi CJA, dan menjadi bagian dari 30 besar finalis CJA Balikpapan.

Salah satu yang menarik dari kisah Rifky adalah ternyata salah satu sahabatnya sedari SMA juga berhasil masuk sebagai finalis CJA dalam kategori Videography. Rifky mengaku senang karena bisa bernostalgia kembali tentang perjuangan mereka bersama.

Pelatihan demi pelatihan pun Rifky ikuti demi mengembangkan bakatnya. Kegiatan-kegiatan dalam program CJA ini pun akhirnya menjadikan semangat bagi Rifky dan 29 orang finalis CJA Balikpapan lainnya yang nantinya akan berjuang kembali di tingkat nasional.

 

Penulis:

Muhammad Rifky Maulana G - Universitas Balikpapan

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini